Kontribusi UMKM Bagi PDRB di Jatim Capai 57,25 Persen
03 Mei 2021 | Dilihat 144 kali | Penulis Ardhi . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-LMJ

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) bersama Pimpinan Cabang PT. Bank Jatim Lumajang, Setyo Budi Widianto mengikuti rapat secara virtual tentang Pemegang Saham Tahunan PT. Bank Jatim (Persero) tbk Tahun Buku 2020, di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Senin (3/5/2021).

Dalam rapat tersebut, Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengharapkan, agar PT. Bank Jatim dapat turut menguatkan ekspansi sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Timur. Sebab persentase kontribusi UMKM bagi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Jawa Timur dinilai sangat tinggi.

"Di Jatim ada 9,78 juta UMKM yang merupakan by phone dengan perekonomian, menurut data lima hari yang lalu, kontribusi UMKM bagi PDRB di Jatim mencapai 57,25 persen, ini tinggi sekali. Saya harap ini bisa diikuti oleh pimpinan cabang dari Bank Jatim," paparnya.

Di samping itu, Gubernur Prov Jatim juga mengapresiasi beberapa kepala daerah yang saat ini telah melakukan penguatan peran Bank Jatim di masing- masing daerahnya. "Dengan adanya penambahan pendanaan maka kelompok UMKM akan lebih maju dan berkembang, di sisi lain penyerapan tenaga kerja tentu diharapkan menjadi semakin besar," terangnya.

Ia menambahkan, bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga telah mendukung beberapa hal dalam memulihkan UMKM akibat dampak Covid-19, di antaranya dari sisi pemasaran pihaknya melakukan pendampingan pemasaran online, katalog digital, mundukung aplikasi mandiri dan media sosial pemasaran serta mendorong pengadaan barang dan jasa melalui Program Jatim Bejo.

Sementara dari sisi pengembangan usaha, di antaranya adalah melakukan pelatihan pengembangan usaha dan layanan konsultasi bagi UMKM serta peningkatan kualitas produk. "Kemudian dari sisi pembiayaan, dana bergulir Provinsi Jawa Timur dan percepatan penyaluran KUR, PEN dan PKPJ," pungkasnya. (Kominfo-lmj/ard)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan