Bupati Ikuti Rakor Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan
04 Mei 2021 | Dilihat 89 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko
Foto : Dok. Diskominfo - LMJ

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq bersama kepala daerah di Jawa Timur mengikuti Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Jawa Timur di Ruang Hayam Wuruk Kantor Gubernur Jawa Timur, Selasa (04/05/2021). Rakor tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub meminta peran optimal dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mendorong kinerja pemerintah kabupaten/kota dalam mengelola keuangan dan administrasinya. Utamanya dalam melakukan pengawasan intern pembangunan kawasan strategis daerah dalam mendukung pengawalan akuntabilitas percepatan pembangunan ekonomi kewilayahan Provinsi Jawa Timur sebagaimana yang tertuang dalam Perpres Nomor 80 Tahun 2019.

"Sehingga kepala daerah mendapatkan keyakinan untuk bisa berinovasi, karena inovasi menjadi keniscayaan untuk melakukan akselerasi, dan itu harus dilandasi dengan good governance," ujarnya.

Gubernur menyampaikan, BPKP sebagai aparat pengawas intern pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung yang memiliki tugas utama menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan negara/daerah dan pembangunan nasional. Oleh karenanya pendampingan dan pengawasan yang dilakukan BPKP dirasa penting agar penyelenggaraan pemerintah daerah dapat dikawal akuntabilitasnya.

"Sebagai kepala daerah ingin aman dalam melakukan inovasi, maka harus ada pendampingan, resiko harus dilindungi," ujarnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan