Pembelajaran Tatap Muka di Lumajang Bakal Dimulai Juli 2021 Mendatang
19 Mei 2021 | Dilihat 241 kali | Penulis Ardhi . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dengan protokol kesehatan bagi jenjang PAUD, SD, SMA/SMK dan SLB Tahun Ajaran 2020-2021 di Jawa Timur, direncanakan akan dimulai pada 5 Juli 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi mengatakan, bahwa pelaksanaan PTM dilakukan dalam rangka mengatasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang berjalan tidak efektif serta mencegah terhambatnya tumbuh kembang siswa.

"PTM perlu segera dilaksanakan, mengingat sebagian masyarakat berasumsi bahwa PJJ identik dengan tidak sekolah," katanya, seperti dilansir melalui rapat koordinasi secara virtual tentang Pemberlakuan PTM Terbatas dengan Prokes, bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Senin (17/5/2021) lalu.

Selain itu, dikatakan Wahid, bahwa sesuai arahan Mendikbud Ristek, diharapkan agar Bulan Juni 2021 seluruh Indonesia sudah melakukan tatap muka dengan target semua guru telah divaksin.

Sementara, para guru SMA, SMK dan SLB yang telah melakukan vaksinasi Covid-19 dua kali di Jawa Timur telah mencapai sebanyak 38 persen. "Kami berharap kepada jajaran Dinkes Jatim pada Mei atau Juni 2021, tenaga pendidik dan guru 100 persen sudah divaksinasi dua kali, sehingga PTM pada 5 Juli 2021 dapat berjalan aman," ujar dia.

Sementara itu, saat dikonfirmasi di kantornya, Rabu (19/5/2021), Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang, Agus Salim mengungkapkan, bahwa bagi para guru dan tenaga pendidik di Lumajang yang sudah tervaksinasi hanya guru SMA/SMK.

"Kalau SMA/SMK ini sudah sampai tahap dua, nah kalau PAUD, SD dan SMP yang sama sekali belum, dan kita sudah berkoordinasi dengan Kadinkes untuk bagaimana guru ini bisa divaksin sampai tuntas semuanya, sehingga nanti bisa segera dibuka sesuai kondisi Lumajang," ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya juga akan melakukan evaluasi terhadap kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lumajang.

"Nanti akan ada evaluasi, sejauh mana keadaan Lumajang ini, semoga ke depan membaik dari zona kuning ke hijau. Insya Allah kalau itu terjadi ya nanti 5 Juli akan kita buka dengan versi Lumajang," imbuhnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan