Libatkan Masyarakat Sekitar Dalam Perawatan Benda Tinggalan Arkeologi
23 Mei 2021 | Dilihat 224 kali | Penulis Fadlilah . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lumajang

Benda-benda peninggalan sejarah masih banyak ditemukan di sejumlah wilayah di Kabupaten Lumajang. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menjaga kelestariannya. Salah satu upayanya, melibatkan masyarakat untuk melakukan perawatan dan pembersihan berkala, seperti yang dilakukan pada Situs Kates, Dusun Sidomulyo, Desa Kertowono, Kecamatan Gucialit.

Menurut Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang, Yoga Pratomo, benda tinggalan arkologi atau benda cagar budaya sudah seharusnya mendapatkan perhatian baik dari pemerintah ataupun masyarakat. Perlu peran serta kelompok masyarakat setempat untuk menjaganya.

"Ini perlu kita lestarikan, kita bersama kelompok masyarakat berupaya untuk melakukan pelestarian dengan pembersihan dan perawatan secara rutin," terangnya, Jum'at (21/5/2021).

Sementara upaya pemerintah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang melakukan pendataan terhadap semua benda tinggalan arkeologi, kemudian melakukan perawatan dan pembersihan secara rutin oleh para petugas yang berkompeten serta memberikan edukasi pembersihan dan perawatan kepada kelompok masyarakat yang melakukan pembersihan secara mandiri.

Yoga mengajak seluruh masyarakat yang di sekitar tempat tinggalnya terdapat benda-benda tinggalan arkeologi untuk turut menjaga dan melestarikan, tidak melakukan hal-hal yang merusak nilai sejarah dari benda tersebut. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan