KSB Diharapkan Dapat Tingkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat Hadapi Bencana
23 Mei 2021 | Dilihat 129 kali | Penulis Ardhi . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-Lumajang

Terbentuknya Kampung Siaga Bencana (KSB) di wilayah Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang diharapakan dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi setiap terjadinya bencana alam.

"Kita harus siap dan siaga dalam menghadapi setiap bencana yang tidak pernah kita duga, karena diri kitalah orang yang paling penting dan pertama dalam meningkatkan kesiapsiagaan kebencanaan," kata Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat memimpin apel Simulasi Dalam Rangka Fasilitasi Pembentukan KSB, di Lapangan Desa Bulurejo, Kecamatan Tempursari, Sabtu (22/5/2021).

Cak Thoriq juga mengungkapkan, bahwa Lumajang memiliki banyak potensi bencana, khususnya di wilayah pantai selatan. Bencana tersebut meliputi erupsi gunung api, tsunami maupun gempa bumi.

Oleh karena itu, pihaknya mengapresiasi partisipasi maupun keinginan peserta KSB dalam membantu pemerintah daerah untuk menanggulangi kebencanaan.

"Saya berterimakasih dan mengapresiasi keinginan semua relawan bencana untuk bersama kami pemerintah dalam menanggulangi bencana, begitu ada bencana kita sudah siap dan siaga" ujarnya.

Selain itu, Cak Thoriq juga menyampaikan apresiasi atas program serta fasilitasi pembentukan KSB di wilayah Kecamatan Tempursari.

"Apresiasi saya yang mendalam untuk kementerian sosial dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur atas program dan fasilitasi pembentukan KSB di Kecamatan Tempursari," jelasnya.

Sementara itu, Kasudit Kesiapsiagaan dan Mitigasi Kementerian Sosial RI, Iyan Kusmadiana, menjelaskan bahwa KSB merupakan program yang dibentuk dalam penanggulangan bencana berbasis masyarakat.

"Jadi dalam meningkatkan kapasitas masyarakat atau penanggulangan bencana berbasis masyarakat, ini kita bentuk melalui beberapa program, yang pertama Tagana, kemudian KSB," jelasnya.

Ia mengharapakan agar KSB ke depan dapat terus aktif, sehingga kewaspadaan dalam menghadapi bencana dapat terus meningkat. (Kominfo-lmj/ard)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan