Kabupaten Lumajang Masuk 5 Besar Capaian Realisasi Anggaran Se Jawa Timur
29 Mei 2021 | Dilihat 156 kali | Penulis Fadlilah . Redaktur Joko

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq memghadiri Rapat Percepatan Penyerapan APBD Tahun Anggaran 2021 secara virtual di Ruang Rapat Mahameru, Kantor Bupati Lumajang, Jum'at (28/5).

Rapat tersebut dipimpin langsung Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah Indar Parawansa mengucapkan terima kasih kepada sejumlah daerah yang sudah melakukan realisasi anggaran dengan presentase tinggi.

"Saya terima kasih kepada lima kabupaten dengan relasiasi terbesar, ini ada Kabupaten Bojonegoro, Sidoarjo, Kabupaten Blitar, Banyuwangi dan Lumajang," terangnya.

Gubernur juga menjelaskan beberapa strategi atau langkah-langkah percepatan realisasi. Beberapa langkah tersebut meliputi, menyusun strategi rencana belanja daerah oleh perangkat daerah, melakukan koordinasi terhadap perangkat daerah/bupati/wali kota atas ketidaksesuaian capaian realisasi anggaran dengan perencanaannya, peningkatan intensitas laporan realisasi belanja daerah secara berkala, melakukan rekonsiliasi bulanan terhadap rekonsiliasi pendapatan dan belanja perangkat daerah, melakukan percepatan proses penyusunan dan penetapan pertanggungjawaban APBD TA 2020, melakukan percepatan proses penyusunan dan penetapan RKPD sampai perubahannya dan melakukan percepatan proses penyusunan dan penetapan perubahan APBD TA 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang meminta agar segera dilakukan evaluasi terhadap kebijakan refokusing, mengingat kasus penambahan Covid-19 di Kabupaten Lumajang sudah nol.

"Mohon segera dilakukan evaluasi refokusing. Kita sudah 3 bulan menjalani refokusing. Bila kami bisa lakukan penyegeraan evaluasi refokusing kami bisa melakukan banyak hal dalam perjalanan APBD. Mohon difasilitasi untuk nanti berkoordinasi," terangnya.

Bupati juga berharap ada percepatan dana transfer dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan