Potensi Tsunami Laut Selatan, Masyarakat Diminta Tetap Waspada
04 Juni 2021 | Dilihat 357 kali | Penulis Fadlilah . Redaktur Joko

Kabupaten Lumajang yang berbatasan langsung dengan laut lepas menjadikan lima wilayah kecamatannya berpotensi terjadi tsunami. Informasi yang beredar dari BMKG, diprediksi akan terjadi gempa bumi yang menyebabkan tsunami di wilayah pesisir Kabupaten Lumajang.

Namun demikian, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Lumajang, Indra Wibowo Leksana meminta agar masyarakat tidak serta merta panik mendengar informasi tersebut. Menurutnya, bencana alam pasti terjadi, tapi kapan waktunya itu yang belum pasti, yang terpenting upaya mitigasi dan masyarakat siap menghadapi bencana.

"Bencana itu pasti terjadi tapi kapan waktunya yang belum pasti. Yang kita utamakan itu mitigasinya, pencegahan dan pengurangan resiko bencananya," ujarnya saat ditemui di Kantor BPBD Kabupaten Lumajang, Jum'at (4/6).

Selain itu dijelaskan Indra, pihaknya sudah melakukan sosialisasi terhadap kelima camat di wilayah yang berpotensi terdampak bila terjadi tsunami.

"5 kecamatan ini sudah kita kumpulkan ditambah Desa Tangguh Bencana (Destana), bila itu terjadi kita harus gimana, masyarakat harus gimana, keluarga gimana itu sudah tahu, cuma harus diingat kembali," tambahnya.

Kelima wilayah tersebut adalah Kecamatan; Tempursari, Pasirian, Tempeh, Kunir, dan Yosowilangun.

Dirinya juga mengimbau masyarakat utamanya di lima wilayah tersebut untuk senantiasa waspada jika terjadi beberapa kali gempa kecil selama beberapa menit.

"Jika itu terjadi, untuk alarm awal nanti akan kita sampaikan, masyarakat harus lari ke ketinggian setidaknya 20 Meter dari permukaan air laut," terangnya. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan