Bupati Jawab Isu Gempa dan Tsunami di Pantai Selatan Lumajang
09 Juni 2021 | Dilihat 60 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menjawab terkait gempa 8,7 dan tsunami 29 meter yang ramai diisukan terjadi di pantai selatan Jawa Timur termasuk Lumajang.

"Betul ada potensi, namun kita tidak bisa memprediksikan kapan. Ada hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan seperti soal lempengan dan sebagainya, itu semua menjadi catatan bagi kabupaten yang ada di pesisir selatan termasuk juga Lumajang agar ada mitigasi bencana," ujarnya saat dikonfirmasi Selasa (08/06/2021).

Pihaknya kini memetakan daerah-daerah prioritas yang kemungkinan terdampak. Daerah tersebut nantinya akan menjadi prioritas untuk mendapatkan sosialisasi peningkatan SDM dalam mitigasi bencana.

"Kemarin kita ke Desa Bulurejo untuk melakukan sosialisasi sekaligus pemetaan terhadap potensi desa-desa yang mungkin terdampak, tentu kita tidak ingin bencana ini terjadi tapi kita berkhtiar kalau bencana terjadi kita bisa terhindar dan selamat," ujarnya.

Sementara itu, Indah Amperawati Wakil Bupati Lumajang mengatakan bahwa selain peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mitigasi bencana yang diperkuat, persiapan jalur evakuasi juga menjadi hal yang penting. Ia mengungkapkan bahwa pemerintah tengah mencarikan anggaran agar jalur evakuasi dapat dibangun dengan baik.

"Bagaimanapun jalur evakuasi harus dibangun dengan baik untuk memperlancar masyarakat melakukan evakuasi," ujarnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan