Sekda Lumajang Berharap Program Perhutanan Sosial Berikan Fasilitas Kemudahan Akses Ke Tempat Wisata
10 Juni 2021 | Dilihat 82 kali | Penulis Bobby Wijayanto . Redaktur Joko

Di Kabupaten Lumajang banyak sekali panorama alam yang Indah dan dimanfaatkan sebagai destinasi wisata demi menyejahterakan masyarakat dalam bentuk peningkatan ekonomi. Namun dari hal itu ada beberapa kendala dalam mengembangkan serta membangun sebuah destinasi wisata menjadi lebih bagus dan menarik banyak wisatawan.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang Agus Triyono berharap melalui program-program yang ada di Pemerintah Pusat, dapat memberikan fasilitas kemudahan dalam membangun dan memajukan destinasi wisata, salah satunya yakni infrastruktur atau pembangunan jalan agar masyarakat yang ingin berwisata lebih mudah untuk menuju tempat wisata serta semua kalangan masyarakat bisa menikmati destinasi wisata di Kabupaten Lumajang khususnya di Wisata Ranu Pani dan Ranu Kumbolo.

"Dengan adanya Program Perhutanan Sosial ini, kami berharap akses jalan nantinya bisa lancar," harap Sekda Lumajang saat membuka acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Wilayah Terpadu Perhutanan Sosial Kabupaten Lumajang, bertempat di Gedung Panti PKK Kabupaten Lumajang, Rabu (09/06/21).

Dalam kesempatan itu, Sekda Lumajang menyampaikan bahwa atas nama Pemkab Lumajang dirinya mengucapkan terimakasih kepada Presiden RI atas programnya dalam percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Lumajang.

Sementara itu, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah I Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Ir. Edison Siagian menerangkan bahwa tujuan diadakannya kegiatan Rakor tersebut guna mendukung pelaksanaan pengembangan wilayah terpadu perhutanan sosial di Kabupaten Lumajang yakni agrosilvopastura, Agroindustri dan Ekowisata.

"Perhutanan Sosial bertujuan untuk memberdayakan masyarakat di sekitar wilayah hutan dalam rangka mengatasi 3 hal pokok, yaitu kemiskinan, lapangan kerja serta sebagai upaya pengolahan hutan berbasis masyarakat," terangnya.

Ia menambahkan bahwa peran perhutanan sosial harus sejalan dengan hal-hal yang terkait tujuan pembangunan berkelanjutan yang memadukan dengan bidang sosial, ekonomi, lingkungan.

Asisten Deputi Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Sugeng Harmono mengungkapkan bahwa Program Perhutanan Sosial harus dicapai, sebab nantinya akan ada rencana aksi nasional dan ada pilot project yang dilaksanakan, harapannya ke depan dapat direplikasikan di daerah lain.

"Kami mohon dukungan Sekda Lumajang untuk keberhasilan pilot project ini, karena jika hal tersebut berhasil maka nantinya bisa jadi replikasi di tempat yang lain dalam bentuk integrasi," harapnya. (Kominfo-lmj/bob)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan