Dua Elang Hampir Punah Dilepas Liarkan Di Kawasan TNBTS
19 Agustus 2021 | Dilihat 824 kali | Penulis Fadlilah . Redaktur Joko

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati melepasliarkan secara simbolis dua ekor elang yang dilindungi dan langka di kawasan TNBTS, Rabu (18/8).

Diketahui, kedua elang tersebut berjenis Elang Jawa yang diberi nama Araga (Arya Wiraraja Garuda) dan Elang Ular Bido yang diberi nama Moris.

Bunda Indah sapaan akrab Wakil Bupati Lumajang mengaku senang bisa berkesempatan melepasliarkan satwa langka yang mirip dengan lambang negara Indonesia, Garuda.

"Ini rejeki saya, saya melepasliarkan satwa yang dilindungi dan langka," terangnya.

Wabup juga berharap pelepasan yang dilakukan pasca peringatan HUT Kemerdekaan RI tersebut menjadi simbol kemerdekaan sejati bagi Bangsa Indonesia.

Sementara itu, Plt. Kepala Balai Besar TNBTS, Novita Kusuma menjelaskan Elang Jawa yang dilepas liarkan tersebut menjadi yang ke 36 yang masuk dalam catatan Balai Besar TNBTS. Sebelumnya, sudah ada 35 ekor Elang Jawa yang diketahui hidup berada di Kawasan TNBTS. Kedua Elang yang dilepasliarkan merupakan pemberian masyarakat.

Novita menyampaikan kawasan hutan TNBTS dianggap menjadi habitat yang mendukung dalam pelestarian satwa dilindungi, utamanya bagi berbagai jenis burung yang mulai langka.

"TNBTS ini habitat yang pas, dari berbagai segi ekosistem mendukung kelestarian dari Elang Jawa ini," terangnya.

Dirinya berharap masyarakat sekitar maupun masyarakat luas turut berpartisipasi dalam menjaga ekosistem alam sehingga hutan tetap lestari. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan