Kasus Covid-19 di Jawa Bali Menunjukkan Perbaikan Yang Signifikan
02 September 2021 | Dilihat 187 kali | Penulis Bobby Wijayanto . Redaktur Joko

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan saat memimpin Rapat Koordinasi Evaluasi PPKM di Jawa-Bali, melalui saluran zoom meeting mengungkapkan, perkembangan kasus Covid-19 di wilayah Jawa-Bali saat ini telah menunjukkan perbaikan yang signifikan, namun masyarakat harus tetap waspada dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Dalam arahan Menko Marves, bahwa dirinya meminta kepada Kepala Daerah, Pangdam, Kapolda, Danrem, Dandim serta Kapolres untuk mengawal implementasi peraturan di setiap sektor, sesuai level Kabupaten/Kota yang sesuai dalam Imendagri.

"Kami akan menurunkan tim untuk melakukan pengecekan secara random dalam penegakan aturan Imendagri di seluruh Provinsi Jawa dan Bali," ungkapnya.

Selanjutnya, Ia menambahkan pembukaan akan dilakukan secara bertahap di setiap daerah dengan melihat tingkat levelnya, hal itu bertujuan untuk memberikan waktu guna memperkuat pelaksanaan 3M, 3T(Testing, Tracing dan Treatment/Isoter), percepatan laju vaksinasi agar sesuai target serta penggunaan platform Peduli Lindungi segera diperluas. "Saya minta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan menggunakan Peduli Lindungi," imbuhnya.

Sementara, Menteri Kesehatan RI menyampaikan, bahwa tingkat kasus Covid-19 di Jawa-Bali yang mulai membaik saat ini, 3T memang perlu ditingkatkan untuk menjaga kualitas kesehatan pada masyarakat dengan sejalan pembukaan aktivitas ekonomi, serta vaksinasi akan difokuskan ke daerah-daerah dengan tingkat penularan dan mobilitas paling tinggi.

"Target Positivity rate kurang dari 5% merupakan indikator utama dalam pengendalian pasca pandemi," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekda Lumajang, Drs. Basuni, didampingi, Kapolres, AKBP Eka Yekti Hananto Seno, Kepala Staf Kodim 0821 Lumajang, Mayor Inf. Rinanto beserta Perangkat Daerah Terkait juga mengikuti acara rakor yang dilaksanakan secara virtual tersebut, bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Rabu (01/09/21). (Kominfo-lmj/bob)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan