Kunjungan Ketua DPD RI, Bupati Laporkan Soal Bantuan Bencana Gempa Bumi dan SPAM Regional
13 September 2021 | Dilihat 118 kali | Penulis Fadlilah . Redaktur Joko

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menerima kunjungan kerja Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti di Peringgitan Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang, Senin (13/9).

Dalam kesempatan itu, bupati melaporkan dua hal kepada Ketua DPD, yang pertama terkait bantuan bencana alam gempa bumi yang terjadi beberapa waktu lalu di Kecamatan Tempursari dan sekitarnya, yang sampai saat ini belum ada realisasi dari pemerintah pusat. Bantuan tersebut meliputi pembangunan rumah permanen bagi rumah rusak berat, bantuan perbaikan rumah bagi yang rusak sedang dan rusak ringan.

"Sampai sekarang belum ada progres bantuannya yang dari APBN yang pembangunan rumah rusak berat, bantuan rusak sedang dan ringan, itu murni mandatori APBN sesuai aturan undang-undang," ungkapnya.

Yang kedua terkait program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional yang berbasis Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Bupati berharap dengan adanya program tersebut mampu menyelesaikan persoalan air bersih khususnya bagi masyarakat wilayah utara Kabupaten Lumajang.

"Kalau itu ada tindak lanjut, tentu bisa menyelesaikan kebutuhan dasar kami terutama yang berada di wilayah utara untuk terutama kebutuhan air bersih," lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti akan segera melakukan tindaklanjut terkait dua laporan yang disampaikan Bupati Lumajang.

"Jadi kita tadi sudah terima aspirasi dari pak bupati, ada dua, yaitu SPAM Regional kemudian masalah bencana yang perlu ada percepatan dari BNPB," pungkasnya. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan