Wabup: Bekerjalah Dengan Hati
02 Oktober 2021 | Dilihat 308 kali | Penulis Dwi Andika Dharmawan . Redaktur Joko

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati membuka Pelatihan Customer Care, bertempat di Aula PTPN XII Perkebunan Kertowono, Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang, Sabtu (2/10/2021).

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan Penandatanganan Hak Akses Pemanfaatan Data Bappeda dan Dispenduk Capil Kabupaten Lumajang. Serta Penyerahan Penghargaan Public Service Of The Year Jawa Timur 2021 oleh Wakil Bupati Lumajang kepada Dispenduk Capil Kabupaten Lumajang.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Lumajang menyampaikan, aparatur pemerintah berkewajiban memberikan pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat, karena peran dan kedudukan aparatur pemerintah sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat.

"Kita harus menjadi pelayanan yang baik, sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat dari pelayanan pemerintah. Birokrasi sekarang adalah pelayanan yang cepat dan baik untuk masyarakat," ujarnya.

Dikatakan, petugas customer service inilah yang diharapkan menjadi ujung tombak dalam memberikan pelayanan. Untuk itu, petugas perlu dibekali dengan kemampuan dan keterampilan melayani agar masyarakat yang dilayani merasa puas.

"Saya harap aparatur memiliki sikap yang ramah dan profesional, sehingga petugas customer bisa memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Bekerjalah dengan hati," imbuhnya.

Selanjutnya, Wabup menekankan bahwa kata kunci yang harus dijalankan seorang petugas customer service yaitu adanya kemauan yang besar untuk terus belajar memahami berbagai karakter pelanggan dan mampu mengoreksi setiap kesalahan yang dilakukan baik disengaja maupun tidak.

Sementara itu, Kepala Dispenduk Capil Kabupaten Lumajang, Agus Warsito menjelaskan bahwa kegiatan itu bertujuan agar peserta memiliki kesadaran bahwa kualitas service suatu organisasi dibangun melalui siklus proses yang mengintegrasi semua fungsi dalam organisasi, memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan benar sebagai pemberi maupun penerima pesan, serta mengerti dan memahami sikap dan perilaku dalam memberikan pelayanan.

Kegiatan pelatihan Customer Care dilaksanakan selama dua hari, yakni Tanggal 2-3 Oktober 2021. Pelatihan diikuti oleh seluruh karyawan/karyawati Dispenduk Capil Kabupaten Lumajang, baik yang di kabupaten maupun yang ada di kecamatan, dengan total peserta sebanyak 100 orang. (Kominfo-Lmj/ad)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan