Batik dan Keris Dipamerkan Peringati HUT Museum Lumajang Ke 6
04 Oktober 2021 | Dilihat 262 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko

Batik Lumajang dan benda pusaka keris warisan leluhur dipamerkan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Museum Lumajang Ke 6. Pameran Temporer tersebut diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang di Kawasan Wonorejo Terpadu mulai Tanggal 4 hingga 8 Oktober 2021.

"Wujud peringatan Museum Kabupaten Lumajang yang Ke 6 kami menyelenggarakan pameran ini," ujar Yoga Pratomo, Plt. Kepala Disparbud Lumajang.

Yoga menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk 'nguri-uri' kebudayaan Lumajang. Meskipun peserta dan pengunjung pameran ini dilakukan secara terbatas karena masih dalam Pandemi Covid-19, namun tidak membatasi manfaat edukasi dari pameran ini.

"Diharapkan dengan kegiatan ini memberikan semangat kepada internal bidang kebudayaan dan juga semangat kepada pelaku budaya dan seni di Lumajang semoga tetap bisa istiqomah dalam melestarikan seni dan budaya di Lumajang," harapnya.

Dalam pameran ini pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan Batik Lumajang, namun juga melihat koleksi pusaka berupa keris-keris dari kolektor dari berbagai penjuru Lumajang. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat mendapatkan berbagai edukasi dan informasi terkait batik maupun asal-muasal hingga makna filosilofis keris dalam pameran ini.

Sementara itu, Siswanto Kabid Kebudayaan Disparbud Lumajang menerangkan bahwa selain pameran temporer, pihaknya juga menyelenggarakan berbagai kegiatan lain seperti Lomba Cerdas Cermat dan Lomba Kreasi Relief. Ia menjelaskan, pada puncak pameran Tanggal 8 Oktober 2021 nantinya juga akan dibagikan hadiah kepada pemenang lomba tersebut.

Siswanto menambahkan bahwa pameran ini diikuti oleh paguyuban batik Lumajang seperti Arlins Batik, Batik Damaran, Batik Sumber Mujur serta diikuti oleh Paguyuban Puspa Semeru Lumajang seperti Lumpang Joyo, Yoso Kusump dan Tosan Aji.

"Karena masih pandemi kita lakukan pembatasan terhadap peserta maupun pengunjung karena dikhawatirkan membludak, pengunjung yang datang ke sini juga kita terapkan protokol kesehatan di pintu masuk seperti pengecekan suhu," jelasnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan