Pelaku Usaha Bidang Pariwisata di Lumajang Diimbau Daftar Sertifikasi CHSE
12 Oktober 2021 | Dilihat 706 kali | Penulis Ardhi . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang, Yoga Pratomo mengimbau agar para pelaku usaha di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di Lumajang untuk mendaftar sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE).

"Harapannya semua objek wisata, hotel, restoran dan home stay di Lumajang dapat mendaftar sertifikasi CHSE, sehingga nantinya bisa menjamin kita untuk berdaya saing dengan unsur-unsur lain maupun objek-objek lain,” katanya saat dimintai keterangan di kantornya, Senin (11/10/2021).

Yoga juga mengatakan, bahwa sertifikasi CHSE merupakan proses pemberian sertifikat kepada Usaha Pariwisata, Destinasi Pariwisata dan Produk Pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan.

“Jadi ini merupakan wujud keseriusan pemerintah untuk menjaga dan mengendalikan Covid-19," ujar dia.

Menurutnya, penerapan programnya adalah dengan melakukan sertifikasi CHSE untuk para pelaku usaha di industri pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk di antarnya hotel, restoran, homestay, bioskop, seni pertunjukan musik, seni rupa, fashion, kuliner, kriya, fotografi serta wahana permainan.

Ia menambahkan, bahwa untuk saat ini di Lumajang ada empat wisata yang telah mengajukan CHSE, di antaranya Ranu Klakah, B29, Water Park dan Selokambang, sementara milik swasta empat hotel, empat homestay dan enam restoran dan beberapa Daya Tarik Wisata (DTW).

"Kalau milik pemerintah yang sudah diaudit, yakni Ranu Klakah dan B29, sementara milik swasta yang sudah audit, yakni Wakul Bu Tjipto, Pondok Bunga, Asam-Asem Mesem, C Best dan RM Lumayan," pungkasnya.

Untuk mengetahui tata cara pendaftaran sertifikasi CHSE, para pelaku usaha dapat mengunjungi https://kemenparekraf.go.id/rumah-difabel/Cara-Mendaftar-Sertifikasi-CHSE-Pariwisata. (Kominfo-lmj/ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan