Garap Wisata Merubah Image Lumajang Sebagai Kota Tujuan
22 Oktober 2021 | Dilihat 222 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko

Keseriusan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dalam memajukan Kabupaten Lumajang bukan isapan jempol belaka. Berbagai sektor digarap, mulai pertanian, perdagangan hingga pariwisata.

Pariwisata menjadi salah satu fokus pengembangan agar image Lumajang berubah menjadi kota tujuan masyarakat untuk datang dan berwisata. "Lumajang dulu itu bukan kota tujuan, pengembangan terus dilakukan beberapa tahun belakangan mulai kelihatan," ujar bupati saat menerima kunjungan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI di Pendopo Arya Wiraraja, Kamis (21/10/2021) sore.

Sementara itu, Kepala Bappeda Lumajang, Retno Wulan Andari menjelaskan, dari 4 kabupaten di wilayah TNBTS seperti Lumajang, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Kabupaten Lumajang dipilih menjadi tempat yang akan ditawarkan ke investor melalui Kementerian Investasi/BKPM.

Retno Wulan Andari menjelaskan, sebagaimana hasil Focus Group Discussion Bersama Kementerian Investasi yang diwakili PT. Sucofindo pada September 2021 lalu, Tumpak Sewu dipilih menjadi objek wisata yang ditawarkan ke investor dalam maupun luar negeri.

Tumpak Sewu dipilih karena memiliki keindahan alam yang eksotik. Tumpak Sewu bahkan disebut sebagai salah satu air terjun terbaik di Indonesia.

Kunjungan Kementerian Investasi dan PT. Sucofindo di Lumajang dalam rangka deliniasi kawasan wisata Tumpak Sewu. Dari hasil delineasi tersebut nantinya akan dipetakan konsep seperti apa yang akan ditawarkan ke calon investor.

“Hasilnya dari Sucofindo, apa yang nantinya akan ditawarkan ke calon investor, kesiapan infrastruktur dan sarana pendukungnya apa saja, apakah ketersediaan air, masyarakatnya bagaimana, kesiapan itu yang dikumpulkan Sucofindo, jadi mereka sudah menggambarkan lokasi tersebut,” jelas Retno. (Kominfo-lmj/ Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan