Bupati Dorong Semua Desa di Lumajang untuk Lakukan Penguatan Budaya Lokal
12 November 2021 | Dilihat 964 kali | Penulis Bobby . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) menyampaikan, bahwa penguatan budaya lokal yang ada pada masing-masing desa di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur perlu dilakukan.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka acara Pemajuan Kebudayaan Desa, bertajuk Festival Budaya "Goreng Kopi", bertempat di Situs Selogending Desa Kandangan Kecamatan Senduro, Kamis (11/11/2021).

Cak Thoriq juga menyampaikan, hampir setiap desa yang ada di Kecamatan Senduro, penuh dengan nilai-nilai budaya yang dijunjung tinggi oleh masyarakatnya, namun tidak semua desa memiliki situs Selogending seperti yang ada di Desa Kandangan.

Oleh sebab itu, dirinya berpesan kepada masyarakat sekitar untuk selalu menjaga warisan budaya tersebut agar tetap lestari. "Lokasi ini harus tetap menjadi tempat untuk nilai-nilai luhur dan sebagai kegiatan-kegiatan kebudayaan yang ada di desa kandangan," ujar dia.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang juga berkeinginan agar seluruh Pemerintah Desa di Lumajang untuk menonjolkan potensi produk lokal dan budayanya, sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas.

"Di desa masing-masing carikan acara rutin sebagai festival budaya dengan menyesuaikan di setiap desanya," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) mengungkapkan, bahwa dirinya merasa bangga atas terselenggaranya kegiatan kebudayaan tersebut. Oleh karena itu, diharapkan agar festival budaya seperti yang ada di Desa Kandangan, bisa dilaksanakan oleh desa-desa lain, sebagai bentuk melestarikan kebudayaan daerah.

"Saya harap, kegiatan seperti ini bisa menjadi contoh desa-desa lain yang ada di Kabupaten Lumajang," harapnya.

Sementara, Kepala Desa kandangan Samsuri menuturkan, bahwa pihaknya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung atas terselenggaranya kegiatan tersebut sehingga bisa berjalan lancar dan sukses.

"Terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang serta seluruh perangkat yang ada di Desa Kandangan, yang sudah membantu proses jalannya kegiatan ini," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati yang didampingi Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati dan Ketua DPRD Lumajang, meninjau stan pameran UMKM yakni melihat proses pembuatan kopi secara tradisional dan prodak olahan lokal lainnya. (Kominfo-lmj/Bob)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan