Ingin Kenalkan Olahraga di Lumajang, KONI Gelar Pelatihan Jurnalistik
14 November 2021 | Dilihat 124 kali | Penulis Bekti . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Untuk lebih mengenalkan Olahraga kepada masyarakat, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lumajang menggelar Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan bagi Cabor Anggota KONI Lumajang, bertempat Hall Arjuna Hotel Gajah Mada Lumajang, Minggu (14/11/2021).

Saat membuka acara tersebut, Ketua KONI Kabupaten Lumajang Ngateman menyampaikan, bahwa saat ini telah banyak orang termasuk pengurus cabor memiliki hobi IT, seperti menggunakan aplikasi sosial media platform TikTok.

Menurutnya, dari mereka inilah yang diharapkan nanti memberitakan cabornya masing-masing. Pelatihan tersebut juga memang dilakukan sebagai salah satu upaya persiapan menjelang pelaksanaan Porprov Jatim nanti.

“Yang jelas kita maunya olahraga bukan hanya diketahui oleh atlet berprestasi atau orang-orang di lingkungan KONI saja. Saya punya keinginan bahwa yang pertama olahraga ini bisa memasyarakat melalui media”, ujar dia.

Ia menambahkan, bahwa pemberitaan melalui berbagai media termasuk media sosial dianggap sangat penting oleh KONI Lumajang, melalui media tersebut diharapkan agar nantinya dapat menyebarluaskan informasi tentang keolahragaan di Lumajang serta dapat memasyarakatkan olahraga.

"Ini menjadi latar belakang pelaksanaan pelatihan jurnalistik bagi pengurus Cabor (Cabang Olahraga, red) di bawah naungan KONI, sehingga nantinya informasi terkait olahraga dapat cepat tersampaikan kepada masyarakat," imbuhnya.

Kegiatan tersebut, menghadirkan narasumber dari Bidang Media dan Humas KONI Jawa Timur, Media Radar Semeru, dan Lumajangsatu dengan materi kehumasan KONI dalam cabor dan membangun Brand Image KONI dan Cabor Anggota.

Kemudian, Media Radar Semeru menyampaikan materi tentang pemberitaan dan fotografi. Sementara, materi tentang sarana publikasi dan media sosial dipaparkan oleh media Lumajangsatu.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Babun Wahyudi menerangkan, bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah agar cabor bisa lebih mengerti publikasi melalui media sosial dan media mainstream.

Lanjut dia, cabor dapat melakukan komunikasi dengan media partner dengan memberikan informasi tentang kegiatan cabor. Dengan demikian informasi itu akan dipublikasikan oleh media sebagai penyemangat bagi atlet dan juga pengurus.

Dirinya juga berharap, dalam jangka panjang ketika pelaksanaan porprov, cabor dapat menjadi pusat informasi kegiatan porprov yang dilaksanakan di Lumajang agar semua kegiatan bisa terpublikasi dengan baik dan memberikan kesan yang luar biasa, Kabupaten Lumajang bisa menjadi tuan rumah yang hebat.

Pelatihan ini diikuti oleh pengurus cabor sebanyak 39 orang dan dan 21 orang dari media mitra KONI. (Kominfo-lmj/Bs/

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan