SUSI PASTI Menjadi Top 30 Inovasi Pelayanan Publik Kategori Umum Jawa Timur
20 November 2021 | Dilihat 109 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menerima penghargaan Top 30 Inovasi Pelayanan Publik Kategori Umum Jawa Timur oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo dan disaksikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah di Grand City Surabaya, Jum'at (19/11/2021).

Penghargaan tersebut diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang atas inovasi Gebrakan SUSI PASTI yang menjadi solusi atasi permasalahan AKI, AKB dan stunting di Lumajang.

"Penghargaan ini memicu para Perangkat Daerah (PD), para camat, para kepala desa untuk semangat berinovasi sebagai percepatan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Gebrakan SUSI PASTI (SUami SIaga, Pencegahan dan penAnggulangan Stunting terIntegrasi) lahir dilatarbelakangi oleh masih adanya kasus stunting serta masih adanya kasus kematian ibu dan bayi. Gebrakan SUSI PASTI dikembangkan Puskesmas Gucialit menjadi penyempurna dari gebrakan SUSI sebelumnya.

Bunda Indah menjelaskan bahwa stunting, AKI dan AKB menjadi fokus dalam kepemimpinannya bersama Bupati Thoriqul Haq. Bahkan secara khusus untuk menangani hal tersebut, ia memasukkan hal ini ke dalam 20 program prioritas.

"Stunting, AKI dan AKB menjadi PR kita bersama jadi terus kita selesaikan dan kita upayakan untuk diminimalisir," pungkasnya.

Bunda Indah mengungkapkan bahwa penggargaan bukan satu-satunya tujuan dari inovasi tersebut. Tetapi lebih dalam yakni agar kasus stunting, AKI dan AKB di Lumajang dapat ditangani. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan