Model Huntara Semeru Diapresiasi BNPB Pusat
13 Januari 2022 | Dilihat 102 kali | Penulis Fadlilah . Redaktur Joko

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati mengecek kesiapan pembangunan hunian sementara yang ada di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kamis (13/1).

Bersama Kepala Pusdalops BNPB, Dandim 0821 Lumajang dan beberapa PD (Perangakat Daerah) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang, Wabup yang akrab disapa Bunda Indah itu berkeliling seputaran kawasan relokasi.

"Ini sudah dibangun satu contoh Huntara, ini nanti yang akan dijadikan standar pembangunan Huntara yang lain," terang Bunda Indah.

Lebih lanjut, Bunda Indah menyampaikan bangunan huntara tersebut sudah dilengkapi dengan kamar mandi, kamar tidur dan tempat memasak yang bisa ditempati dalam waktu yang cukup lama.

"Ini ada kamar mandinya, kamar tidur, ini ada dapur ada peralatan masaknya juga, ini adalah rumah sementara yang semi permanen," terangnya.

Diketahui, huntara tersebut dibangun dengan luas bangunan 6x4,8 meter di atas lahan 10x14 meter. Di atas lahan tersebut nantinya juga akan dibangun hunian tetap.

Sementara Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, Bambang Surya Putra mengatakan model hunian sementara yang dibangun di atas lahan seluas 81 hektare tersebut merupakan salah satu role model Huntara yang sangat layak ditempati untuk para pengungsi.

"Ini merupakan yang paling layak, fasilitasnya ada, luasan bangunannya, juga tanahnya, ini luar biasa," terangnya.

Ia pun mengapresiasi semua unsur yang terlibat dalam proses pembangunan Huntara. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan