Berikan Pelayanan Kesehatan Hewan Ternak Sampai Ke Kandang
02 Desember 2021 | Dilihat 136 kali | Penulis Muhammad Syahrul Fadlillah . Redaktur Fadly

Pelayanan terpadu Program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) di Desa Selok Awar-awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang dilaksanakan secara door to door, Kamis (2/12).

Para petugas secara langsung mendatangi kandang para peternak untuk melakukan layanan kesehatan bagi hewan ternak, termasuk memberikan inseminasi buatan dan pemeriksaan kebuntingan.

"Ini bertujuan untuk memberikan pelayanan prima bagi para peternak dan untuk keamanan, dari segi sapinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," terang Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, drh. Rofi'ah.

Ia menyampaikan sedikitnya ada 700 ekor sapi dari 18 RT di Desa Selok Awar-awar yang mendapatkan layanan kesehatan dari petugas Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang. Tidak hanya sapi, beberapa ekor kuda pun turut diperiksa kesehatannya dalam kegiatan kali ini.

Sementara, Kades Selok Awar-Awar, Didik Nurhandoko mengatakan masyarakat sangat antusias dengan diselenggarakannya kegiatan pelayanan kesehatan bagi hewan ternak, apalagi saat kondisi pandemi.

"Intinya, kami dari pemerintah desa mendukung kegiatan ini, memberikan kemudahan bagi warga kami yang memiliki hewan ternak," ungkapnya.

Ia pun berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara berkelanjutan karena sangat dirasakan manfaatnya oleh para peternak, khususnya di Desa Selok Awar-awar. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan