Desa Wisata Ranupani Kabupaten Lumajang Sukses Raih Juara 2 Kategori Homestay dalam ADWI 2021
10 Desember 2021 | Dilihat 562 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Disparbud-lmj

Desa Wisata Ranupani Kabupaten Lumajang, Jawa Timur sukses meraih juara dua Kategori Homestay pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

"Jadi ini merupakan penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Alhamdulillah Lumajang mendapat juara dua kategori Homestay," kata Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang Yoga Pratomo saat dimintai keterangan di kantornya, Jumat (10/12/2021).

Yoga juga mengatakan, bahwa sebelumnya ada sekitar 1.832 desa di seluruh tanah air yang terdaftar, kini dikerucutkan menjadi 50 desa wisata yang lolos pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

"Awalnya ADWI 2021 diikuti 1.831 desa di seluruh Indonesia, namun kemarin sesuai seleksi yang sudah dilakukan mengerucut ke 50 desa wisata, dan 50 desa ini dibagi menjadi kategori-kategori kejuaraan, sehingga keunggulan masing-masing desa wisata dapat dihargai," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yoga mengharapkan, agar nantinya akan muncul desa-desa di Kabupaten Lumajang yang dapat berkiprah dalam dunia Pariwisata nasional maupun internasional.

"Harapan saya, selain Ranupani nanti muncul desa desa lain yang dapat berkiprah dalam dunia pariwisata nasional maupun internasional," harapnya.

Adapun beberapa kategori dalam ajang ADWI 2021, diantaranya Desa Wisata Terbaik Kategori Konten Kreatif, Desa digital, Homestay, Toilet Umum, Suvenir, CHSE, Daya Tarik Wisata, kemudian penghargaan khusus Desa Wisata Inspiratif. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan