Bupati Lumajang akan Fokus pada Upaya Pemberdayaan Ekonomi Usai Proses Relokasi Rampung
02 Juni 2022 | Dilihat 183 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Setelah proses relokasi bagi penyintas erupsi Semeru rampung, Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) akan fokuskan pada pemberdayaan ekonomi.

"Sekarang fokus menyelesaikan infrastrukturnya, baru kemudian fokus pemberdayaan ekonominya misalnya air nantinya dikelola oleh masyarakat melalui pamsimas atau BUMDes, kemudian juga akan ada pertokoan UMKM, peternakan kandang terpadu itu include menjadi satu konsep," jelas dia saat mendampingi kunjungan kerja Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, di Tempat Relokasi Penyintas Erupsi Semeru di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro, Kamis (2/6/2022)

Menurut Cak Thoriq, pemberdayaan ekonomi terhadap penyitas erupsi semeru dianggap penting oleh bupati untuk memastikan masyarakat kembali bangkit dan mandiri.

Lanjut dia, tempat relokasi tersebut dibangun menggunakan konsep smart village, dengan penguatan pola pemberdayaan masyarakat dan keterlibatan desa.

Selain itu, dijelaskan Cak Thoriq, bahwa ke depan pengelolaan pasar, air, fasilitas umum, kios UMKM, stadion, akan dikelolakan kepada masyarakat dan desa. Termasuk juga pemeliharaan kawasan yang perlu dilakukan agar kawasan relokasi tetap tertata dengan rapi.

"Pembangunan berikutnya adalah, pembangunan masjid, pasar, sekolah, madrasah, tempat pengelolaan sampah, stadion olah raga, balai RW, dan sarana fasilitas umum lain yang juga harus ada. Sekaligus melengkapi sarana penunjang lain untuk menambah kemudahan bagi para penghuni, misalnya, penguatan jaringan telekomunikasi, cctv, dan penerangan jalan umum," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan