Bupati Lumajang Ajak Pelaku Seni untuk Menggugah Kembali Event Kesenian dan Kebudayaan
05 Juni 2022 | Dilihat 289 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mengajak seluruh pelaku seni budaya untuk menggugah dan merencanakan kembali agenda acara kesenian dan kebudayaan, termasuk beberapa sarana dan prasarananya.

"Konsep kami memang ingin mengembalikan nilai sejarah yang ada di Kabupaten Lumajang, karena itu merupakan keunggulan Kabupaten Lumajang," ungkap dia saat membuka acara Pameran Seni Rupa, yang bertempat di Perpustakaan Mula Malurung Kabupaten Lumajang, Sabtu (4/6/2022) malam.

Cak Thoriq juga mengungkapkan, bahwa dirinya juga berkeinginan agar setiap tahun Kabupaten Lumajang memiliki kalender kegiatan yang berisi semua event yang nantinya akan rutin diselenggarakan. Mengingat, dua tahun kemarin semua event atau kegiatan yang sudah terjadwal tidak bisa digelar karena masa Pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah, tahun ini kita bisa memulai memikirkan kembali kegiatan atau event, sehingga dengan event itu Kabupaten Lumajang semakin dikenal dan orang semakin mendapatkan informasi tentang Kabupaten Lumajang," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Cak Thoriq juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi pihak penyelenggara pameran seni rupa, karena kegiatan tersebut bisa menambah nilai budaya Kabupaten Lumajang dan menambah event kalender kegiatan yang itu tentunya akan menyemarakkan Kabupaten Lumajang.

Senada dengan hal itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati menjelaskan, bahwa kegiatan pameran seni rupa yang diselenggarakan oleh Forum Perupa Lumajang (FPL) merupakan suatu wadah para seniman untuk mengekspresikan dan membuat suatu karya.

Dirinya berharap, agar kalender event tahun depan bukan hanya kalender event yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang, tetapi bisa juga dilaksanakan oleh para komunitas yang ada di Kabupaten Lumajang, dengan bertemakan "Overweight Class Ferry Sinaro Vs Bung Tiok Battle Visual Art Exhibition".

"Harapan kami kegiatan ini menjadi inspirasi buat komunitas lain dan menjadi salah satu ajang yang dapat mendorong bergeraknya industri pariwisata, ekonomi kreatif, dan menjadi pintu bagi bangkitnya perekonomian di Kabupaten Lumajang," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan