Kado Istimewa Hari Lingkungan Hidup, Warga Lumajang Raih Penghargaan Kalpataru
07 Juni 2022 | Dilihat 189 kali | Penulis Fadli . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Daim yang merupakan warga Dusun Berca, Desa Sumberpetung, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang berhasil memperoleh penghargaan Kalpataru hasil kerja keras melakukan upaya pelestarian hutan di kaki Gunung Lamongan.

Sejak Tahun 1996 silam, Daim menanam pohon pinang untuk menghijaukan lereng Gunung Lamongan. Berawal dari keresahannya melihat kondisi hutan saat itu yang hanya ditumbuhi ilalang dan sering terjadi kebakaran saat musim kemarau bahkan beberapa kali mengakibatkan longsor saat hujan lebat, menjadikan Daim perihatin dan mulai menanam beberapa benih tanaman di hutan.

Setelah berapa tahun berjalan, jerih payahnya itu membuahkan hasil, selain berdampak baik bagi kelestarian lingkungan, juga menghasilkan dampak ekonomi yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) turut mengapresiasi pengahargaan yang diperoleh Daim sebagai Penerima Penghargaan Kalpataru Tahun 2022 kategori Perintis Lingkungan.

"Saya ucapakan selamat dan sukses kepada warga terbaik Lumajang, yaitu Bapak Daim, yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan republik Indonesia sebagai penerima penghargaan Kalpataru Tahun 2022 kategori perintis lingkungan," ungkapnya dalam Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Lumajang, Senin (6/5/2022).

Sementaranitu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Hertutik mengungkapkan, bahwa dirinya mengaku bersyukur atas prestasi yang ditorehkan. Menurutnya, hal itu kado istimewa yang diperoleh saat peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini.

"Alhamdulillah dengan perolehan prestasi kita di hari lingkungan hidup, saya berharap mari kita bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan kita, ayo kita jaga lingkungan agar hidup lebih bermanfaat," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan