Jembatan Timbang Klakah Lumajang Bakal Kembali Beroperasi pada Awal 2023
10 Juni 2022 | Dilihat 126 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang bersama jajaran Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Jawa Timur dan Satlantas Polres Lumajang melakukan uji coba pengaktifan kembali jembatan timbang di Kecamatan Klakah sejak Rabu (8/6/2022) lalu.

Hal itu dilatarbelakangi, dengan maraknya angkutan barang yang melintas di Kabupaten Lumajang dengan muatan yang diindikasi melebihi kapasitas atau overload.

"Ini latar belakangnya semakin tingginya frekuensi angkutan barang, utamanya yang dari arah Lumajang ke utara. Rata-rata ini kan pasir, kayu dan belakangan ini tebu, ini lebih pada penertiban angkutan barang, utamanya yang over load," terang Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajan, Nugraha Yudha Mudiarto saat dikonfirmasi di kantornya, Jumat (10/6/2022).

Yudha juga menerangkan, bahwa uji coba sementara dilakukan untuk mengetahui aktifitas lalu lintas serta menerapkan strategi rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan saat kendaraan muatan akan masuk ke jembatan timbang.

Selain itu, pihaknya juga memastikan kebutuhan sarana dan prasarana serta personil yang dibutuhkan pada pengoperasian jembatan timbang Unit Pelaksanaan Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB).

"Kami berkeinginan agar UPPKB itu beroperasi selama 24 jam, pola operasinya adalah sinergi antara kementerian perhubungan dengan pemerintah kabupaten lumajang, ini prosesnya masih panjang, tapi secara adminstrasinya sudah siap," ungkapnya.

Pemerintah pun telah menargetkan pengoperasian UPPKB pada awal Tahun 2023 mendatang. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan