Wabup Lumajang Harapkan Kolaborasi Antar Lembaga Zakat untuk Sejahterakan Masyarakat Tidak Mampu
15 Juni 2022 | Dilihat 129 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Kolaborasi dan koordinasi antar lembaga amil zakat memiliki banyak manfaat untuk mengentaskan permasalahan, terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat yang tidak mampu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) saat memberikan arahan dalam kegiatan Deklarasi Forum Zakat Daerah (Fozda) Lumajang, dan Penyerahan Huntara Kolaborasi Lembaga Zakat se-Indonesia, bertempat di Graha Nagara Bhakti Kantor BKD Kabupaten Lumajang, Rabu (15/6/2022).

Bunda Indah juga mengungkapkan, bahwa dirinya mengaku senang dengan adanya forum zakat. "Saya senang dengan adanya forum ini, seperti menggambarkan sebuah kerja bareng (bersama, red) dengan satu tujuan, mudah-mudahan semakin solid dan memperlebar jaringan," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Wabup Lumajang juga berpesan, agar lembaga amil zakat juga membangun hubungan yang intens dengan para muzaki dan mustahik, misalkan memberi tahu hasil dari pengumpulan zakat agar muncul semangat dan sikap optimisme bagi keduanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lumajang, Muhammad Muslim menyampaikan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi seluruh petugas amil zakat yang sudah berjuang dan bekerja keras mengumpulkan zakat.

"Yang hadir disini orang-orang yang luar biasa, karena tidak semua orang mau dan mampu menjadi bagian dari pejuang zakat," ujar dia.

Muslim juga berharap, setelah dibentuknya Fozda Lumajang ada sinergitas untuk memetakan wilayah yang akan dibangun sehingga sebaran zakat lebih merata.

Sementara, Ketua FOZ Wilayah Jawa Timur, Kholaf Hibatullah mengatakan, bahwa pembentukan Fozda Lumajang bertujuan untuk menjalin koordinasi antar lembaga amil zakat di Kabupaten Lumajang.

Ia juga mengharapkan, agar fungsi lembaga amil zakat sebagai jembatan antara muzaki dan mustahik lebih bermanfaat dan saling meningkatkan kolaborasi.

"Kita semakin kuat bagaimana menjebatani masyarakat untuk masyarakat yang lain melalui zakat. Alhamdulillah kita bentuk bersama, secara proses pengajuan dari lembaga zakat di daerah," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan