Bupati Lumajang Pimpin Defile Porprov dengan Jaran Kencak, Gubernur Jatim Puji Unik
26 Juni 2022 | Dilihat 185 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur (Jatim) ke-7 Tahun 2022, secara resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Timu, Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (25/6/2022), bertempat di Stadion Jember Sport Garden (JSG).

Gubernur Khofifah Indar Parawansa terkejut dengan penampilan defile kontingen Kabupaten Lumajang yang dipimpin langsung oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq atau yang biasa dikenal dengan sapaan Cak Thoriq.

“Secara khusus saya juga ingin memberikan apresiasi kepada Bupati Lumajang. Kalau tadi ada defile, maka yang paling unik adalah kontingen Kabupaten Lumajang. Ada kuda atraksi di depan tribun,” kata Khofifah disambut tepuk tangan hadirin.

Bukan kebetulan, jika kuda asli dibawa dalam defile Kabupaten Lumajang oleh Cak Thoriq, karena maskot Lumajang sebagai tuan rumah Porprov Jatim VII adalah seekor kuda bernama Si Rancak, yang merupakan akronim Bahasa Jawa dari Jaran Kencak. Jika diterjemahkan bebas ke dalam Bahasa Indonesia, jaran kencak berarti kuda yang lincah.

“Jaran kencak adalah seni tradisi sekaligus budaya yang hak cipta budayanya diberikan ke Kabupaten Lumajang oleh Kementerian Hukum dan HAM. Jaran kencak di Lumajang tak sekadar soal budaya dan tradisi, tapi juga income ekonomi. Jadi nyambung antara di satu sisi budaya dengan ekonomi masyarakat,” ujar Cak Thoriq.

Untuk diketahui, Porprov Jatim 2022, digelar selama 9 hari mulai tanggal 25 Juni 2022 hingga 3 Juli 2022, dan yang menjadi tuan rumah event ini yaitu Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Lumajang. Kabupaten Jember menjadi tuan rumah untuk 20 cabang olahraga sekaligus tuan rumah pembukaan atau opening ceremony.

Kemudian, Kabupaten Situbondo, menjadi tuan rumah untuk 13 cabang olaharaga, Kabupaten Bondowoso menjadi tuan rumah untuk 7 cabang olahraga. Kemudian Kabupaten Lumajang, menjadi tuan rumah untuk 15 cabang olahraga, sekaligus sebagai tuan rumah penutupan atau closing ceremony yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2022 di Stadion Semeru Lumajang.

Sebanyak 54 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan, terbagi dalam 737 nomor pertandingan, dengan jumlah peserta sebanyak 14.486 orang, terdiri dari 10.151 atlet, 3.512 official cabor, dan 823 official kontingen, yang akan memperebutkan 5.183 keping medali, baik untuk medali emas, perak, maupun medali perunggu. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan