Menarik, Kini Pengunjung Buper Glagaharum Bisa Kirim Surat Lewat Kotak Pos Zaman Kolonial Belanda
14 Februari 2022 | Dilihat 614 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Satu lagi spot menarik yang disiapkan untuk mempercantik setiap sudut di Bumi Perkemahan Glagaharum yakni Brievenbus atau kotak surat kalau diterjemahkan dari bahasa Belanda.

Benda bersejarah tersebut merupakan pemberian dari PT. Pos Indonesia yang diserahkan langsung oleh Direktur Utama Faizal Rochmad Djoemadi kepada Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati di Buper Glagaharum Lumajang, Jawa Timur, Senin (14/2/2022).

"Saya tidak ingin orang Indonesia lupa dengan PT. Pos, karena dulu satu-satunya yang bisa menfasilitasi kita berkomunikasi dengan orang lain yang pertama adalah pos," ujar Wabup Lumajang yang biasa disapa Bunda Indah.

Bunda Indah juga menyanpaikan, bahwa Brievenbus yang ditempatkan di Buper Glagaharum bukan hanya pajangan belaka, namun fungsi dari kotak surat tersebut masih bisa digunakan oleh masyarakat untuk berkirim surat ke sanak saudara. Secara berkala petugas dari Pos Lumajang akan mengambil surat-surat yang terkumpul untuk dikirimkan ke alamat tujuan.

Menurutnya, untuk dapat membangkitkan memori lama dan mengenalkan generasi muda bersurat melalui pos, Bunda Indah berencana mengadakan lomba menulis cerita.

"Saya akan mengadakan lomba lewat kartu pos yang bergambar bumi glagah arum, nanti ceritanya yang paling menarik akan kami beri hadiah. Ini membudayakan anak-anak untuk menulis dan mengenal PT. Pos Indonesia," kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi menjelaskan, bahwa brievenbus tersebut merupakan benda bersejarah berusia sekitar 100 tahun tersebut merupakan barang langka yang sulit ditemukan. Namun, meskipun berusia tua, brievenbus tersebut tetap kokoh tak tergerus oleh usia.

"Mudah-mudahan brievenbus menjadi spot menarik, menjadikan tempat ini semakin hidup, lebih dicintai baik pelancong domestik maupun mancanegara serta ekonomi Lumajang akan semakin lebih baik lagi," harapnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan