Pemkab Lumajang Berikan Layanan Pemeriksaan Kesehatan Rutin untuk Daging dan Hewan Ternak
22 Maret 2022 | Dilihat 392 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pelayanan kesehatan bagi hewan ternak terus dilakukan jajaran Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang. Layanan diberikan secara rutin di masing-masing UPT Puskeswan masing-masing atau dilakukan secara massal.

"Ada dua cara, yang pertama secara Individu dan kedua secara masal, kalau yang individu biasanya hewan kecil seperti kucing, kalau hewan ternak seperti sapi, kerbau kambing itu kita yang aktif, kalau massal itu satu bulan dua kali di masing-masing desa," terang Kepala Bidang Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, drh. Rofi'ah saat dimintai keterangan melalui telepon selulernya, Senin (21/3/2022).

drh. Rofi'ah juga menerangkan, bahwa ada beberapa pelayanan kesehatan yang dilakukan meliputi iseminasi buatan, pemeriksaan kesehatan hewan dan pemeriksaan kebuntingan.

Lanjut dia, adapun kegiatan pemeriksaan kesehatan juga dilakukan di pasar, adalah melakukan pemeriksaan kesehatan daging yang dijual oleh para pedagang.

"Kita lakukan pengujian juga di pasar, minimal satu minggu sekali, setiap hari jum'at pagi," ungkap dia.

Dirinya berharap, agar pemeriksaan kesehatan hewan yang dilakukan dapat menjamin kesehatan hewan ternak masyarakat dan kesehatan daging yang akan dikonsumsi oleh masyarakat. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan