Tiga Pilar Berkomitmen Bersama untuk Tekan Angka di Stunting Kabupaten Lumajang
23 Maret 2022 | Dilihat 414 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) berpesan kepada para camat bersama Forkopimcam, agar menyosialisasikan terkait penekanan angka pernikahan dini di Kabupaten Lumajang, mengingat pernikahan dini juga menjadi salah satu penyebab terjadinya stunting.

"Para Kepala Dinas, Camat, Forkopimcam, dan seluruh lembaga sosial maupun lembaga lainnya agar berkomitmen bersama-sama untuk menekan sekecil mungkin terjadinya pertambahan stunting," ungkap dia saat memberikan arahan dalam kegiatan Rembuk Stunting Kabupaten dalam rangka akselerasi penurunan stunting di Kabupaten Lumajang, bertempat di Hall Arjuna Hotel GM Lumajang, Rabu (23/3/2022).

Bunda Indah juga mengungkapkan, bahwa visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Lumajang tidak akan pernah tercapai ketika angka stunting di Lumajang masih lebih dari 30 persen.

Oleh karena itu, diperlukan komitmen semua pihak, bukan hanya Dinas Kesehatan akan tetapi seluruh jajaran Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Lumajang.

Selain itu, diungkapkan Bunda Indah, bahwa anak yang mengalami stunting bukan hanya dari pola makan atau kebutuhan nutrisi dari ibu hamil sampai melahirkan saja, akan tetapi sampai kepada bagaimana ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh pasangan suami istri (Pasutri).

"Stunting itu tidak menutup kemungkinan juga bisa terkena pada anak lahir dengan normal, namun dengan berjalannya waktu anak bisa mengalami stunting. Kedepan kita tekan supaya tidak ada lagi anak-anak yang tumbuh tidak normal atau stunting. Kalau bukan sekarang harus kapan lagi kita menjaga anak-anak supaya sehat," terangnya.

Dirinya berharap, agar komitmen yang telah dilakukan benar-benar bisa di kerjakan bersama, karena perwujudan visi-misi menuju masyarakat Lumajang yang makmur, hebat dan bermartabat, tidak akan terwujud karena tidak akan tumbuh anak-anak yang hebat ketika mengalami stunting.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Lumajang bersama jajaran TNI-Polri juga melakukan penandatanganan Komitmen Bersama Rembuk Stunting yang berisi tentang, dukungan terhadap rencana aksi kabupaten dalam akselerasi pencegahan dan penanggulangan stunting di Kabupaten Lumajang.

Kemudian, menganggarkan kegiatan yang mendukung percepatan penanggulangan stunting di Kabupaten Lumajang sesuai dengan kewenangan, serta mendukung terhadap kampanye nasional dan kampanye perilaku masyarakat untuk mencegah stunting. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan