Latihan Perang TNI Diharapkan Jadi Pengungkit Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Lumajang
29 Maret 2022 | Dilihat 315 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Terselenggaranya latihan perang TNI di Lapangan Tembak Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, diharapkan dapat menjadi pengungkit bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

"Saya berkeinginan nanti sinergisitas antara pemerintah dan TNI secara keseluruhan bisa menjadi pengungkit bagi kami masyarakat Lumajang," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat menjamu Komandan Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat, Letnan Jendral TNI Ignatius Yogo Triyono, bertempat di halaman belakang Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Senin (28/3/2022).

Cak Thoriq juga mengatakan, bahwa tahun ini pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk membangun tribun VVIP dengan ketinggian maksimal 7 meter.

"Insyaallah ini akan segera kita bangun, bila tahun ini selesai dua sampai tiga bulan yang akan datang, tentu latihan tahun depan fasilitas tribun sudah tersedia," ujarnya.

Selain itu, dikatakan Cak Thoriq, bahwa sebelum itu pihaknya juga telah mencoba menginventarisasi beberapa fasilitas sarana maupun prasarana untuk mengoptimalkan prosesi latihan tempur.

Menurutnya, hal itu bertujuan agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan steril, terutama bagi para penonton yang hadir di lapangan.

Cak Thoriq berharap, sinergisitas antara pemerintah dan TNI dapat terus terbangun, sehingga AWR Pandanwangi bisa menjadi sarana military tourism.

"Tentu kami Pemerintah Kabupaten Lumajang berkeinginan untuk AWR ini sebagai sarana military tourism," harap dia.

Sementara itu, Komandan Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat Letnan Jendral TNI Ignatius Yogo Triyono mengungkapkan, bahwa dirinya sangat apresiasi terhadap ide-ide pemerintah, dalam mengungkit perekonomian masyarakat melalui wisata militer.

Menurutnya, hal tersebut akan menjadi salah satu upaya pemulihan ekonomi masyarakat dari dampak pandemi COVID-19.

"Saya setuju sekali dengan ide pemerintah, bahwa kegiatan militer ini bisa menjadi wisata militer dalam pengungkit ekonomi, apalagi kita sekarang di masa pandemi ekonomi kita mungkin turun, dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan masyarakat hadir dan kehidupan ekonomi bisa berjalan," ungkap dia.

Sebagai informasi, Arhanud TNI angkatan darat dijadwalkan akan menggelar latihan perang pada 28 sampai 31 Maret 2022 nanti, latihan itu akan dimulai pukul 07.00 sampai 16.00 WIB dan latihan malam dimulai pukul 19.30 sampai 21.00 WIB. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan