Bupati Lumajang Minta Camat dan Kades Optimalkan Vaksinasi COVID-19
31 Maret 2022 | Dilihat 301 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) meminta kepada semua camat untuk turun ke desa-desa, dengan dibantu kepala desa masing-masing untuk bekerja keras dalam memaksimalkan capaian vaksinasi COVID-19 sesuai target yang ditentukan, sehingga harapannya kedepan ada peningkatan capaian vaksinasi di Kabupaten Lumajang.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin Rapat Capaian Vaksinasi COVID-19 Kabupaten Lumajang secara virtual, bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Kamis (31/3/2022) pagi.

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa tujuan dari kegiatan rapat tersebut adalah untuk melakukan evaluasi capaian vaksinasi di Kabupaten Lumajang, dengan menyinkronkan data capaian vaksinasi COVID-19, antara data di wilayah kerja puskesmas dengan data di kecamatan masing-masing.

Lanjut dia, Kabupaten Lumajang adalah kabupaten yang termasuk capaian vaksinasinya rendah di Provinsi Jawa Timur. Dari, setiap prosentase Kabupaten Lumajang berada di zona lima ke bawah, baik soal vaksinasi lansia dan anak-anak.

"Kita ingin lakukan capaian percepatannya, bisa dilakukan dengan rentan waktu yang hingga diputuskan untuk target masing-masing capaian vaksin, terutama lansia dan anak-anak," ujarnya.

Cak Thoriq menambahkan, bahwa masih terdapat beberapa wilayah di Kabupaten Lumajang yang capaian vaksinasinya masih rendah. Oleh karena itu, dirinya berkeinginan agar capaian dari wilayah kerja puskesmas yang nantinya bisa dikoordinasikan dengan kecamatan masing-masing, untuk memastikan bahwa target dari capaian vaksin untuk lansia dengan prosentase rata-rata 60 persen itu harus diukur dan direncanakan kerjanya.

"Jadi, kalau dosis 1 yang sudah mencapai di atas 60 persen, kemudian capaian dosis 2 masih dibawah 60 persen, tinggal buka data dari capaian yang dosis 1 dan dikonfirmasi ulang untuk proses vaksinasi yang dosis 2," imbuh dia.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, Dandim 0821 Lumajang, Letkol Czi Gunawan Indra, Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, Kepala Dinkes PP dan KB dr. Bayu Wibowo Ignasius, serta Direktur Rumah Sakit, Forkopimcam dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Lumajang. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan