Cegah Penularan PMK, Pasar Hewan di Lumajang Disemprot Disinfektan
13 Mei 2022 | Dilihat 290 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) bersama Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan meninjau pelaksanaan penyemprotan disinfektan di Pasar Hewan, Kelurahan Jogotrunan Kabupaten Lumajang, Jumat (13/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Indah menerangkan, bahwa penyemprotan disinfektan bertujuan untuk mengendalikan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang sejumlah hewan ternak utamanya sapi.

"Ini dilakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Hewan, salah satu upaya untuk mengendalikan PMK, saya sampaikan jangan panik," terang dia.

Dirinya meminta kepada para peternak, jika memiliki ternak sapi yang mengalami kondisi yang mendekati gejala PMK untuk segera dilaporkan kepada petugas agar mendapatkan penanganan secara tepat.

"Periksakan, kami siap melayani, boleh konsultasi kesehatan, gratis tidak berbayar," jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan mengungkapkan, bahwa dirinya meminta agar tidak mengeluarkan sapi dalam kondisi sakit keluar kandang.

"Semua harus waspada jangan yang sakit dan gejala sakit jangan dijual. Biarkan diisolasi dulu, diobati dulu," ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya siap untuk membantu para peternak untuk melakukan penanganan pada hewan ternak sapi yang sedang sakit. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan