Bupati Lumajang : Kita Akan Observasi Seluruh Hewan Ternak
16 Mei 2022 | Dilihat 413 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama Tim Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kabupaten Lumajang meninjau sejumlah peternak sapi di wilayah Kecamatan Pasirian, Senin (16/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq itu membagikan sejumlah vitamin dan obat-obatan untuk ternak sapi. Diketahui, Kecamatan Pasirian menjadi salah satu wilayah yang memiliki kasus PMK yang tinggi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Sekarang yang sembuh sudah mulai banyak, kita akan terus observasi, seluruh puskswan memantau satu persatu sapi yang ada di wilayah masing-masing, termasuk nyuntik, dilakukan pengobatan intinya sapinya bisa sembuh dalam waktu 10 hari," terang Cak Thoriq.

Lebih lanjut, dia juga menerangkan, bahwa untuk mencegah penyebaran PMK, pemerintah juga mengambil kebijakan untuk melakukan screening terhadap hewan ternak yang akan memasuki pasar hewan.

Selain itu, Cak Thoriq juga mengimbau masyarakat, agar tidak termakan oleh rayuan oknum yang sengaja memanfaatkan keadaan dengan membeli hewan ternak dengan harga murah.

"Saya imbau jangan keburu dijual, saya ingin proses jual beli berdasarkan rekomendasi dokter dan dilaporkan kepada desa, supaya tidak ada yang mengambil keuntungan pribadi dari PMK," imbaunya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan