Sekda Lumajang Ikuti Arahan Presiden tentang Gernas BBI
25 Mei 2022 | Dilihat 275 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang Agus Triyono didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Lumajang, Basuni mengikuti arahan Presiden Joko Widodo tentang Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) melalui virtual, bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Selasa (24/5/2022) sore.

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo mengingatkan, bahwa Gerakan BBI memiliki potensi besar dalam menggerakkan perekonomian tanah air, seperti lapangan kerja yang terbuka bakal sangat besar lantaran ratusan triliun belanja barang dan jasa.

"Jadi, sekali lagi ini akan kita evaluasi terus akan diikuti oleh BPKP dan dilaporkan terus ke saya oleh Menko Marves," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengaku senang lantaran komitmen penggunaan barang dan jasa dalam negeri oleh BUMN dan pemerintah daerah mencapai Rp802 triliun. Sedangkan, oleh BUMN Rp296 triliun.

"Yang kita perlukan adalah realisasi. Bagaimana merealisasikan karena realisasi masih di bawah 10 persen. Masih Rp110,2 triliun. Sekarang kita ikuti bisa, harian bisa. Komitmennya berapa, mana yang sudah realisasi. Inilah yang namanya aplikasi platform yang ingin kita bangun," kata dia.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar produk pelaku UMKM tidak dipersulit untuk masuk dalam e-katalog pemerintah karena diwajibkan berlabel SNI. Oleh karena itu, dirinya menegaskan, bahwa label SNI bagi sejumlah produk tidak wajib, SNI hanya wajib untuk produk yang berkaitan dengan keselamatan.

Harapannya, apabila seluruh belanja pemerintah maupun swasta diarahkan untuk membeli produk UMKM, maka pelaku usaha kecil nantinya bisa menjadi motor pertumbuhan ekonomi baru di masa depan.

"Kalau ini kita bisa lakukan akan terbuka lapangan kerja yang besar sekali, karena ratusan triliun belanja produk dan jasa bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi kita," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan