Jelang Porprov Jatim, Pengelola Homestay dan Guest House Dibekali Standar Pelayanan
25 Mei 2022 | Dilihat 369 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur Ke VII Tahun 2022 akan diselenggarakan pada 25 Juni - 3 Juli 2022. Sebagai salah satu tuan rumah, banyak perispan yang telah dilakukan Kabupaten Lumajang, termasuk mempersiapkan segala kebutuhan sarana fasilitas akomodasi penginapan.

Untuk mencukupi kebutuhan akomodasi penginapan peserta dan pendamping porprov yang diperkirakan akan mencapai puluhan ribu orang, melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, pemerintah mengajak masyarakat yang memiliki rumah berlokasi berdekatan dengan venue cabang olahraga untuk berpartisipasi menambah penghasilan dengan menyewakan rumahnya sebagai homestay.

"Kami sudah berkoordinasi dengan camat, utamanya yang wilayahnya ketempatan venue porprov kami minta untuk memberikan data terkait rumah masyarakat yang bisa digunakan untuk homestay," terang Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati saat dikonfirmasi di kantornya, Rabu (25/5/2022).

Yuli Haris juga menerangkan, bahwa untuk memberikan kenyamanan kepada para tamu, masyarakat yang rumahnya akan digunakan sebagai Homestay ataupun pengelola homestay diberikan bekal dan pelatihan terkait tata kelola homestay.

"Kami latih, ada pelatihan selama tiga hari untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap tata kelola homstay yang baik," jelas dua.

Selain itu, agar tidak ada oknum yang mengambil keuntungan yang tidak semestinya, pihaknya akan menstandarkan harga sewa homstay sesuai dengan kriteria fasilitas dan layanan yang diberikan.

Dirinya berharap dengan adanya pemanfaatan rumah sebagai homestay nantinya juga berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan