Wujudkan Masyarakat Mandiri Sampah, Bupati Lumajang Launching Mama Risa
05 Juli 2022 | Dilihat 377 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Untuk mendorong masyarakat mandiri terhadap pengelolaan sampah rumah tangga, Bupati Lumajang mengeluarkan Keputusan Bupati Mama Risa (Masyarakat Mandiri Sampah). Dan, Keputusan Bupati Lumajang tersebut dilaunching pada momen peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

"Dengan mengucap bismillahrirrahmanirrahim Mama Risa, Masyarakat Mandiri Sampah resmi dilaunching," ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) dalam acara Launching Inovasi Mama Risa, di Sport Park Alun-alun Lumajang, Selasa (5/7/2022).

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa keputusan bupati tersebut menjadi pendukung terhadap suksesnya pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Lumajang.

"Luar biasa, lingkungan hidup di Kabupaten Lumajang betul-betul terbukti nyata, itu terbukti dengan berbagai penghargaan yang diberikan kepada Kabupaten Lumajang mulai dari Nirwasita Tantea, Adipura bahkan Kalpataru yang diraih oleh Pak Da'im," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Hertutik menjelaskan, bahwa Keputusan Bupati Mama Risa mengajarkan masyarakat terkait pengelolaan sampah secara mandiri, bagaimana masyarakat diajarkan berkomitmen bersama dalam pengelolaan sampah rumah tangga dimana di dalamnya terdapat pemberdayaan masyarakat melalui rembug warga.

"Disepakati di rembug warga tersebut seperti iuran lingkungan untuk pengelolaan sampah mandiri, membeli sapunya, gerobaknya, juga menekankan masyarakat agar ada pengurangan terhadap sampah rumah tangga yang masuk ke TPA, karena masyarakat di Mama Risa mengelolanya sampai dengan TPS," jelasnya.

Menurutnya, melalui konsep pemberdayaan masyarakat tersebut diharapkan, agar sampah tidak lagi menjadi permasalahan di masyarakat.

"Dimulai dari pengelolaan sampah di rumah tangga dipilah organik dan anorganik, yang organik bisa dibuat pupuk cair, eco enzim, magot, kompos, anorganik bisa didaur ulang yang akan menambah pendapatan masyarakat, sampah bukan musibah tetapi sampah itu berkah," terangnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan