Masjid Al-Jabbar untuk Warga Penyintas Erupsi Semeru, Design Ridwan Kamil akan Segera Dibangun
07 Juli 2022 | Dilihat 147 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) menerima kunjungan rombongan Jabar Bergerak, di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Rabu (6/7/2022).

Dalam kesempatan itu, Jabar Bergerak menyampaikan, bahwa rencana pembangunan Masjid yang akan segera dibangun di kawasan relokasi warga terdampak erupsi Gunung Semeru Bumi Semeru Damai (BSD), Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Masjid tersebut merupakan hasil donasi yang dikumpulkan oleh Jabar Bergerak, sebuah organisasi non politik dan non pemerintahan yang mewadahi anak muda Jawa Barat untuk berkolaborasi dalam berbagai Aksi Kemanusiaan.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengucapkan terima kasih atas donasi yang berupa masjid untuk masyarakat di Bumi Semeru Damai.

Dirinya juga berpesan, dalam pembangunan masjid tersebut agar melibatkan masyarakat sekitar sebagai pekerja. Selain untuk membantu perekonomian, juga membangkitkan rasa memiliki terhadap masjid yang akan diberi nama Al-Jabbar tersebut.

"Saya titip betul, nanti pekerjaanya dari sini ya. Saya juga ingin tetep ada pendampingan dari Jabar Bergerak, nanti tetap difasilitasi temen-temen yang ada di sini," ungkapnya.

Sementara, Neneng Hayati, Waketum Bidang Aksi dan Pengabdian Masyarakat Jabar Bergerak menyampaikan, bahwa donasi untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang yang terkumpul dari masyarakat Jawa Barat cukup besar. Sehingga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta agar bantuan tersebut diberikan dalam bentuk pembangunan masjid.

"Donasi yang terkumpul itu diluar ekspestasi kami, sesuai arahan dari Bapak Ridwan kamil kalau begitu ada tanda cinta dari warga Jawa Barat berupa masjid Al Jabbar. Semoga niat baik itu akan segera terlaksana," ujat dia.

Masjid yang didesign langsung oleh Ridwan Kamil itu nantinya akan diberi nama Al- Jabbar, yang merupakan salah satu nama yang terdapat dalam Asmaul Husnah. Selain itu agar hubungan persaudaraan masyarakat Jawa Barat dengan masyarakat Lumajang selalu terjaga dan terkenang. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan