Pemkab Lumajang Siap Berkontribusi untuk Wujudkan Satu Data Jawa Timur
07 Juli 2022 | Dilihat 178 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang siap berkontribusi dalam mewujudkan layanan satu data (sata) di Provinsi Jawa Timur.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, Paiman mengatakan, bahwa pihaknya telah mendiseminasikan data melalui portal satu data, berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Lumajang Nomor 66 Tahun 2020 tentang Satu Data Kabupaten Lumajang.

Namun demikian, masih ada beberapa perbaikan atau pengembangan untuk mewujudkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, terintegrasi, dan dapat diakses oleh pengguna data.

"Masih ada beberapa perkembangan, karena ada tatanan yang terbaru yang masih belum dilanjuti secara total, yaitu Permen PPN," kata dia saat menerima kunjungan Tim Satu Data Diskominfo Provinsi Jawa Timur, bertempat di Ruang Rapat Khrisna Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang, Rabu (6/7/2022).

Paiman juga mengatakan, bahwa partisipatif Perangkat Daerah selaku produsen juga sangat dibutuhkan dalam mengelola data dengan baik, dan memberikan kontribusi terhadap portal sata Kabupaten Lumajang.

Menurutnya, hal tersebut juga dapat mempermudah akses bagi pengguna data sekaligus mendukung perencanaan dan pembangunan daerah.

"Langkah-langkah perlu kami tata ulang dan penyepakatan lagi, karena dinamikanya mereka, yakni bhineka tunggal ikanya dimana Bappeda mempunyai peran yang penting dalam hal ini," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan