Bupati Lumajang Resmi Buka GERBAS TANI di Desa Kedungrejo
24 Juli 2022 | Dilihat 415 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) membuka kegiatan GERBAS TANI (Gerakan Belanja Sayuran di Lahan Petani), di Desa Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, Sabtu (23/7/2022).

GERBAS TANI digelar selama 3 hari, yakni mulai tanggal 23-25 Juli. Hal itu merupakan salah satu upaya Pemerintah Desa bersama petani dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Dengan begitu, petani dapat berinteraksi langsung dengan pembeli, sekaligus menjadikan pembelajaran bagi petani dalam beragribisnis dan menjadikan desa agrowisata.

Dalam sambutannya, Cak Thoriq menyampaikan, bahwa Gerakan Belanja Sayuran di Lahan Petani merupakan ide yang menarik dan cemerlang, karena gerakan tersebut orisinil inovasi dari Desa Kedungrejo.

"GERBAS TANI ini mereknya Desa Kedungrejo, dari waktu ke waktu harusnya menjadi kegiatan yang semakin hari semakin baik, mulai dari bagaimana menata/mengelola petani, sampai mekanisme jual-belinya masyarakat kepada petani yang ada di GERBAS TANI," ujarnya.

Menurutnya, gerakan tersebut harus lebih dikuatkan lagi untuk varian dari sayur yang ditanam, sekaligus juga mengatur pengunjung supaya bukan hanya sekedar belanja sayuran saja, namun ada pilihan untuk bisa belanja di stand-stand UKM yang ada.

Oleh karena itu, Cak Thoriq berpesan kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang untuk memfasilitasi kegiatan tersebut, sehingga ke depannya bisa menjadi agenda rutin.

"Ini unik dan betul-betul inovasinya hadir dari masyarakat Desa Kedungrejo. Kalau ini terus menjadi merek dan identitasnya Desa Kedungrejo, ini akan bisa menjadi kegiatan yang bernilai tambah, tidak hanya sekedar petani dan pembelinya, tetapi masyarakat disekitarnya," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan