Pemkab dan UNEJ Kerja Sama untuk Tingkatkan Kualitas SDM ASN di Lumajang
21 Juli 2022 | Dilihat 264 kali | Penulis Atk . Redaktur Anam
Foto : Dok. Disnaker-lmj

Untuk meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menjalin kerja sama dengan Universitas Jember (UNEJ) tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta Peningkatan Sumber Daya Manusia.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lumajang, Akhmad Taufik Hidayat saat membuka kegiatan Sosialisasi Program Magister Universitas Jember, bertempat di Graha Nagara Bhakti Kantor BKD Lumajang, Rabu (20/7/2022).

Taufik juga menyampaikan, bahwa sebagai tindak lanjut perjanjian kerja samanya, Universitas Jember bersama dengan BKD Kabupaten Lumajang, dan didukung oleh Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) Koordinator Daerah (KORDA) Lumajang menyelenggarakan sosialisasi tersebut.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga memberikan apresiasi kepada rombongan dari UNEJ, karena kehadiran meraka akan membawa nilai yang positif, terutama di dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Kami merasa senang, jika perkuliahan nantinya akan menggunakan metode blended learning, campuran antara online dan offline. Hal ini akan memudahkan dan meringankan mahasiswa karena tidak harus selalu melakukan perjalanan jauh untuk kuliah,” ujar dia.

Selain itu, disampaikan Taufik, bahwa dalam hal perizinan, pihaknya menjamin izin belajar akan diberikan kepada para mahasiswa dengan mudah. Mereka dapat mengajukan izin secara kolektif.

Oleh karena itu, dirinya berpesan kepada para PNS agar tetap semangat menempuh pendidikan yang lebih tinggi dan tidak stagnan pada jenjang S1 saja.

Sosialisasi tersebut, dimoderatori oleh Bekti Sawiji yang merupakan Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lumajang, dan juga dihadiri oleh oleh 195 ASN dengan rincian 141 orang hadir secara tatap muka dan 54 lainnya hadir melalui zoom meeting.

Sementara itu, Direktur Program Pascasarjana UNEJ, Prof. Dr. Arief Amrullah, SH., M.Hum., mengungkapkan, bahwa calon mahasiswa diupayakan agar dapat segera mengikuti perkuliahan semester ini juga, karena perkuliahan adalah hasil kesepakatan kerja sama sehingga ada kekhususan.

Lanjut dia, adapun kemudahan lain yang bisa diperoleh mahasiswa khusus ASN Kabupaten Lumajang adalah mereka dapat mengangsur UKT.

Ia menambahkan, bahwa peserta sosialisasi didominasi oleh ASN kalangan pendidik, khususnya guru di tingkat sekolah dasar. Menurut data, peserta sosialisasi dari kelompok guru sejumlah 154 dan dari non guru sebanyak 41 orang.

Adapun, materi sosialisasi adalah pengenalan 5 Program Studi (Prodi) Strata 2 (S2) yang rencananya proses pembelajaran akan dilaksanakan di Lumajang, jika memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Program studi yang dipaparkan adalah: Magister Manajemen (MM), Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (M.Kes), Magister Pengelolaan Sumber Daya Air Pertanian (M.Si), Magister Ilmu Administrasi (M.Si), dan Magister Pendidikan Dasar (M.Pd).

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BKD Lumajang dengan beberapa Fakultas di lingkungan UNEJ. (Kominfo, Disnaker-lmj/Atk)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan