Tekan Kasus Stunting, Forikan Jatim dan PKK Lumajang Gencar Sosialisasikan Gemarikan
29 Juli 2022 | Dilihat 147 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Musfarinah Thoriq menghadiri kegiatan Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) untuk anak usia sekolah, bertempat di SDN Kalibendo 01, Kecamatan Pasirian, Jumat (29/7/2022).

Kegiatan sosialisasi juga dihadiri secara langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak yang menyerahkan 80 paket GEMARIKAN kepada anak usia sekolah secara simbolis.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur yang juga selaku Ketua Forikan Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak menjelaskan, bahwa kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan, dan percepatan penurunan angka stunting di Provinsi Jawa Timur khususnya Kabupaten Lumajang.

"Saya harap dengan kegiatan Gemarikan ini dapat membantu meningkatkan konsumsi ikan menjadi lauk pauk oleh masyarakat, khususnya anak usia sekolah," ujarnya.

Selain itu, dijelaskan Arumi, bahwa capaian konsumsi ikan di Jawa timur sekitar 41,44 kilogram per kapita tiap tahun. Jadi, rata-rata masyarakat Jawa Timur setiap tahun mengkonsumsi ikan 41 kilogram per orang.

"Ikan merupakan makanan yang kaya kandungan gizi omega 3 dan zat besi yang baik untuk pertumbuhan, serta jantung dan otak. Harga ikan juga bervariasi dengan banyak varian. Jadi, masyarakat bisa memilih ikan sesuai dengan kemampuan masing-masing," terangnya. 

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Musfarinah Thoriq dalam laporannya menyampaikan, bahwa standar angka kecukupan protein bagi masyarakat Indonesia adalah sekitar 56-59 gram per hari, sedangkan angka kecukupan gizi pada anak balita 18-35 gram per hari.

Sementara angka konsumsi ikan Kabupaten Lumajang tahun sebesar 38.07 kg/kapita/tahun, sehingga masih dibawah angka konsumsi ikan Provinsi Jawa Timur yaitu sebesar 41.44 kg/kapita/tahun.

Oleh karena itu, sosialisasi GEMARIKAN dengan sasaran 80 siswa Sekolah Dasar yang ada pada lokus stunting tertinggi di Kabupaten Lumajang yaitu Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian. Tujuannya untuk mengajak masyarakat khususnya anak-anak agar gemar makan ikan yang juga sekaligus berdampak pada peningkatan angka konsumsi ikan di Kabupaten Lumajang.

"Melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan ini, diharapkan agar anak-anak nantinya lebih menyukai makanan yang berbahan dasar ikan," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan