Forkopimda Lumajang Gelar Rakor, Polemik Gereja di Tempeh Temui Titik Terang
03 Agustus 2022 | Dilihat 435 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) bersama Forkopimda Kabupaten Lumajang menggelar rapat koordinasi Majelis Kehormatan Moderasi Beragama, di Aula Panti PKK Kabupaten Lumajang, Selasa (2/8/2022).

Rakor tersebut terkait polemik perizinan Gereja Pantekosta ditengah masyarakat Desa Tempeh Tengah Kecamatan Tempeh, yang saat ini sudah mulai menemui titik terang.

Dalam kesempatan itu, Cak Thoriq menyampaikan, bahwa ada beberapa pertimbangan dari hasil rapat yang telah disepakati, yakni pembangunan yang sekarang berlangsung bisa tetap dilanjutkan, akan tetapi tidak untuk fungsi Gereja namun sebagai fungsi tempat tinggal pendeta.

Lanjut dia, selain itu, pemerintah juga akan memfasilitasi dalam menentukan keputusan terkait lokasi pembangunan Gereja yang lebih representatif dengan melibatkan pihak gereja. Serta membantu dalam proses mengurus perizinan, guna mengantisipasi sekaligus menghindari terjadinya konflik yang serupa apabila Gereja kembali dibangun di wilayah Desa Tempeh Tengah.

"Nanti akan kita lakukan evaluasi terkait dengan IMB peruntukannya. Terkait dengan tempat Gereja, kami akan memberikan keputusan lokasi yang lebih representatif untuk kenyamanan beribadah," ujarnya.

Selain itu, disampaikan Cak Thoriq, bahwa pihaknya juga akan menyampaikan kepada masyarakat sekitar Gereja yang menolak adanya renovasi, bahwa bangunan tersebut tidak lagi dijadikan sebagai tempat ibadah, melainkan sebagai rumah tinggal pendeta. Hal tersebut dilakukannya guna menjaga kondusivitas masyarakat setempat.

Terkait keputusan rapat tersebut, pihak Gereja Pantekosta akan kembali mempertimbangkan keputusan yang ada dengan melakukan musyawarah terlebih dahulu bersama para jemaat.

Saat ini informasinya, para jemaat Gereja Pantekosta sementara waktu melakukan ibadahnya dengan menempati salah satu gedung Angkatan Udara yang berada di Desa Pandanwangi Kecamatan Tempeh. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan