Harkopnas ke-75, Bupati Lumajang : Ayo Kuatkan Koperasi
05 Agustus 2022 | Dilihat 103 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mengapresiasi para penggerak Koperasi yang ada di Kabupaten Lumajang yang sudah menunjukan kemajuan.

"Apresiasi yang tak terhingga ada banyak koperasi yang mengelola keuangan dengan sangat baik sehingga pemberdayaan ekonomi benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Ini menjadi penggerak yang real yang bisa dirasakan manfaatnya saat ini," ujar dia dalam acara Tasyakuran Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-75 Kabupaten Lumajang di Hall Rumah Makan Pondok Asri, Kamis (4/8/2022).

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa koperasi merupakan salah satu model pemberdayaan masyarakat yang tata pengelolaannya bisa memberikan keuntungan kepada anggotanya. Menurutnya, hal tersebut sangat cocok dengan kondisi masyarakat di Indonesia. Sehingga Koperasi banyak tumbuh dan berkembang hampir di seluruh wilayah Indonesia.

"Koperasi ini dibentuk sebagai alternatif pengelolaan keuangan yang sistemnya luar biasa, sampai di luar negeri itu meniru model koperasi dan memperoleh penghargaan nobel," katanya.

Namun begitu, masyarakat tetap diminta waspada terhadap Koperasi abal-abal atau rentenir berkedok koperasi yang sering dijumpai.

Dalam kesempatan itu, Cak Thoriq juga mengajak masyarakat untuk memerangi Koperasi abal-abal agar tidak lagi tumbuh dan meresahkan masyarakat. Salah satu caranya dengan menguatkan Koperasi yang sesungguhnya, yang menerapkan prinsip Koperasi dari anggota untuk anggota.

"Koperasi nyata memberikan manfaat, menghasilkan pemberdayaan ekonomi masyarakat, ayo ini dikuatkan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Usaha Mikro, Kabupaten Lumajang, Suharwoko mengungkapkan, bahwa peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 diisi dengan serangkaian, salah satunya penilaian Koperasi Sehat. Ada sekitar 75 koperasi di Kabupaten Lumajang yang masuk dalam penilaian. Hasilnya ada 2 koperasi yang masuk dalam kategori dalam pengawasan.

"Ada beberapa kegiatan yang kami lakukan, diantaranya penilaian Koperasi Sehat, ada 75 koperasi yang kami nilai. Ada beberapa koperasi yang masih kurang, 2 diantaranya dalam pengawasan, 1 pengawasan khusus," ungkapnya.

Selain itu, juga telah dilaksanakan Jalan Sehat dan kegiatan tasyakuran yang diikuti oleh perwakilan Koperasi seluruh wilayah Kabupaten Lumajang.

Dirinya berharap melalui momentum Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75, Koperasi di Kabupaten Lumajang semakin bangkit dan berkembang untuk kesejahteraan masyarakat. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan