Sinyal 3G Akan Segera Dihapus, Masyarakat Diminta Untuk Upgrade 4G
06 Agustus 2022 | Dilihat 142 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Sejumlah operator telpon seluler telah memantapkan diri untuk menghapus jaringan 3G. Seiring berkembangnya teknologi komunikasi, layanan internet cepat sangat dibutuhkan, saat ini yang digunakan mendukung hal tersebut adalah penggunaan jaringan 4G, bahkan beberapa smartphone sudah dibekali dengan teknologi 5G, meskipun layanan 5G belum menjangkau seluruh daerah di wilayah Indonesia.

Penghapusan jaringan 3G bertujuan untuk memaksimalkan jaringan 4G yang ada agar konektivitas jaringan lebih cepat.

Karin, salah satu perwakilan Telkomsel di Lumajang mengatakan, bahwa deadline untuk migrasi jaringan 3G ke jaringan 4G tanggal 10 Agustus 2022 mendatang, sehingga masyarakat yang belum mengupgrade simcardnya, diharapkan segera mendatangi dealer Telkomsel terdekat untuk mengupgrade simcardnya.

"Sebenarnya sudah dilakukan secara bertahap, kita deadlinenya per 10 Agustus 2022 mendatang. Jadi pengguna smartphone yang melakukan telepon via seluler sudah tidak bisa dicover 3G, langsung sinyal edge," jelasnya usai berkoordinasi dengan Dinas Kominfo Lumajang, Jumat (5/8/2022).

Karin pun menjelaskan, masyarakat tidak perlu khawatir, simcard yang sudah diupgrade masih tetap menggunakan nomor yang sama, tidak ada perubahan nomor.

Sementara, Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfo Lumajang, Mustaqim turut mengimbau masyarakat untuk segera bermigrasi dari jaringan 3G ke jaringan 4G agar aktivitas komunikasi bisa berjalan dengan lancar dan semakin cepat.

"Ini terus kita sampaikan kepada masyarakat, bahwa upgrade dari jaringan 3G ke jaringan 4G ini banyak manfaatnya, salah satunya internet semakin cepat," imbah dia. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan