UNICEF Apresiasi Komitmen Pemkab Lumajang Terkait Kesejahteraan Anak dan Sanitasi Aman
10 Agustus 2022 | Dilihat 121 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) menerima kunjungan Tim UNICEF Perwakilan Jawa, bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Rabu (10/8/2022).

Dalam kesempatan itu, Bunda Indah mengucapkan terima kasih kepada Tim UNICEF yang telah membantu daerah-daerah di Indonesia, utamanya Kabupaten Lumajang untuk menyelesaikan permasalahan terkait anak dan sanitasi.

Menurutnya, pendampingan Tim UNICEF di Kabupaten Lumajang, memberikan manfaat untuk pertimbangan kebijakan pemerintah selanjutnya.

"Harus kita perbaiki betul akar masalahnya supaya kita bisa lakukan penyelesaian. Ini kita juga dibantu oleh PKK dan kadernya untuk datang ke rumah warga secara langsung," ungkap dia.

Bunda Indah menyebutkan, bahwa angka pernikahan diri di Kabupaten Lumajang relatif tinggi, apalagi saat pandemi COVID-19.

Sementara terkait sanitasi, Bunda Indah mengatakan data pemerintah daerah menyebutkan sanitasi aman Kabupaten Lumajang masih mencapai 4,28 persen, namun dipastikan meningkat 1,5 persen pada tahun 2022. Angka tersebut belum termasuk sanitasi yang dibangun mandiri oleh masyarakat.

"Ini menjadi problem sendiri, kita punya target sanitasi aman itu 15 persen, dengan bantuan Unicef melalui pendampingan bisa diketahui benar, data sanitasi aman di Kabupaten Lumajang," imbuhnya.

Bunda Indah pun berharap permasalahan baik terkait perlindungan dan kesejahteraan anak ataupun sanitasi aman bisa segera tuntas dengan kolaborasi pemerintah daerah dan UNICEF.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan UNICEF Wilayah Jawa, Arie Rukmantara menerangkan, bahwa kehadiran Tim UNICEF di Kabupaten Lumajang untuk melakukan pendampingan sesuai dengan Program yang dilakukan oleh UNICEF.

Lanjut dia, pendampingan tersebut merupakan bentuk apresiasi UNICEF kepada pemerintah daerah yang memiliki komitmen tinggi terhadap permasalahan yang menyangkut anak dan sanitasi.

"Kami membantu dan mendampingi daerah yang memiliki komitmen pada pimpinan daerahnya bukan karena kondisi keterpurukan atau daerah tersebut jelek, jadi jangan berkecil hati," terangnya.

Ia menambahkan, bahwa beberapa kegiatan yang dilakukan UNICEF memiliki output, diantaranya melakukan pencegahan malnutrisi pada anak usia dini, pencegahan dan perawatan untuk anak penderita kurang gizi, gizi ibu dan remaja, pencegahan kegemukan dan gizi pada masa tanggap darurat bencana.

Dirinya pun berharap kolaborasi yang sudah dilakukan bisa membawa hasil yang baik khususnya untuk kesejahteraan anak di Kabupaten Lumajang. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan