Tinggal di RTLH, Nenek Khotim Dapat Bantuan Perbaikan Rumah dari Baznas Lumajang
11 Agustus 2022 | Dilihat 126 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Impian Khotim, perempuan paruh baya asal Dusun Umbulsari Desa Pulo Kecamatan Tempeh memiliki rumah layak huni akhirnya dapat terwujud. Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Baznas Lumajang menyalurkan bantuan perbaikan rumah senilai Rp15 juta.

"Bu Khotim dibantu Rp15 juta dibantu untuk membangun rumah, nanti uangnya dipegang pak inggi biar dipegang untuk beli semen, pasir, triplek, kayu, nanti yang masih bisa dipakai dimanfaatkan kembali, kalau hutuh ganti nanti beli," ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) usai menyerahkan bantuan Baznas Lumajang, Kamis (11/8/2022) sore.

Rumah Nenek Khotim yang kesehariannya bekerja jualan sapu tersebut memang membutuhkan sentuhan perbaikan. Meski sebagian dindingnya dari batu saren, dinding dan lapisan atap lainnya berasal dari bambu yang sudah reyot dan lapuk.

Oleh karena itu, Cak Thoriq berharap dalam proses perbaikan nantinya warga sekitar gotong royong memperbaiki hunian milik Khotim tersebut. Sehingga nantinya Nenek Khotim dapat menikmati masa tuanya di rumah yang aman dan nyaman.

"Saya minta warga bareng-bareng mbangun nggeh, bareng-bareng bantu rumah Bu Khotim. Kalau nanti pembangunannya disepakati warga di sekitar sini yang lebih layak, tentu dengan standar disini monggo dirembug disesuaikan dengan kebutuhan disini," harapnya.

Baznas Lumajang mencatat tahun ini, sebanyak 35 RTLH diusulkan menjadi penerima bantuan perbaikan atau rehab rumah. Hingga kini, sudah ada 17 rumah yang mendapatkan bantuan. Kini, giliran rumah Khotim menjadi rumah ke-18 yang akan direhab.

Sementara itu, Ketua Baznas Lumajang Atok Hasan Sanusi mengatakan, hasil asesmen, rumah Khotim masuk kriteria. Sebab, penghuni merupakan warga asli Lumajang dan tinggal di RTLH.

“Kondisi rumahnya sangat memprihatinkan. Setelah dikaji, rumah akan direnovasi oleh timlak dan masyarakat setempat dengan bantuan Rp 15 juta dari kami,” katanya.

Sementara, Kepala Desa Pulo, Jasadi menerangkan, bahwa sebelum mendapatkan bantuan dari Baznas Lumajang, ia bersama warga setempat telah berinisiatif membentuk panitia penggalangan dana untuk rehab rumah untuk nenek Khotim.

Dirinya bersyukur niatnya tersebut terbantu dengan hadirnya bantuan Baznas Lumajang.

"Sebenarnya dari masyarakat di sini sudah membentuk panitia untuk rehab rumahnya, tapi alhamdulillah Pak Abdur Rohman anggota DPRD Lumajang datang ke sini dan Baznas juga sudah survei," terangnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan