Jelang Penilaian, Bupati Harapkan Lumajang Mampu Pertahankan Predikat Adipura
29 Agustus 2022 | Dilihat 179 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Menjelang penilaian Adipura, sejumlah daerah telah mempersiapkan diri, tak terkecuali Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dalam rapat koordinasi menjelang penilaian Adipura, di Ruang Nararya Kirana Kantor Bupati Lumajang, Senin (29/8/2022), Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mengharapkan, agar ke depan Lumajang mampu mempertahankan predikat adipura.

"Kita harus dapat mempertahankan adipura, 2 tahun ini tidak ada penilaian adipura, dan saat ini sudah diinformasikan Kemen LHK akan ada penilaian adipura dengan mekanisme yang berbeda dari penilaian sebelumnya, penilaian dilakukan dalam waktu 2 bulan," ungkap dia.

Menurut Cak Thoriq, metode penilaian dan pemantauan Adipura tahun ini sedikit berbeda dimana dilakukan secara hybrid sehingga tidak semua titik pantau dinilai secara langsung melainkan bisa melalui citra satelit maupun CCTV. Oleh karenanya, dirinya meminta agar semua pihak termasuk masyarakat turut andil dalam mempersiapkan kerapian dan keindahan Kabupaten Lumajang.

"Ini tidak sekdar penataan pada waktu menjelang penilaian adipura, ini harus menjadi kebiasaan dan dilakukan setiap hari, ruang publik harus rapi," terangnya.

Sementara itu, hal yang sama juga dituturkan oleh Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) juga berharap, agar setiap kantor dan tempat-tempat publik senantiasa dijaga kebersihan dan kerapiannya.

Menurutnya, hal tersebut tidak sekedar untuk penilaian namun juga untuk memastikan ruang publik yang nyaman bagi masyarakat.

"Kebersihan kantor, sekolah dan tempat publik harus kelihatan bersih, seperti kwt, kolam renang harus keliahatan bersih. Karena intinya adipura itu menyenangkan masyarakat dengan tempat publik yang bersih dan sehat," tuturnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan