Pelajar Asal Lumajang Raih Medali di Olimpiade Tiga Mata Pelajaran ke-11 Tingkat Nasional
01 September 2022 | Dilihat 665 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Sembilan pelajar asal Kabupaten Lumajang, Jawa Timur sukses meraih medali pada ajang Olimpiade Matematika, Sains dan Bahasa Inggris (OMNAS) ke-11 tingkat nasional 2022.

Kegiatan yang berlangsung di Grand City Mall Surabaya, Provinsi Jawa Timur itu, diselenggarakan oleh Emerald Education Centre mulai 27 hingga 28 Agustus 2022 kemarin.

Koordinator Omnas Kabupaten Lumajang, Arif Mustofa mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan puncak dari tahap akhir final nasional. Dimana para peserta yang turut serta merupakan siswa-siswi yang lolos dalam tahap penyisihan final dimasing-masing provinsi di Indonesia.

"Ini diikuti oleh provinsi di seluruh Indonesia, dengan jumlah finalis nasional sekitar 1.200 peserta," kata dia saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Kamis (1/9/2022).

Menurut Arif, peserta asal Kabupaten Lumajang yang lolos ke tahap nasional, diantaranya lima siswa pada mata pelajaran Matematika, lima Sains dan 10 pada mata pelajaran Bahasa Inggris.

Sementara itu, dari keseluruhan jumlah peserta yang lolos ke tingkat nasional, pihaknya mengambil sekitar 360 peserta yang dinobatkan mendapat medali juara.

"Jadi dari 1.200 kami ambil 360 medali juara, yakni 5 emas, 10 perak dan 15 perunggu dari setiap mata pelajarang pada setiap level," jelasnya.

Dirinya berharap, dengan terselenggaranya even tersebut, nantinya dapat muncul bibit-bibit unggul, dengan tujuan agar SDM di Indonesia menjadi lebih baik.

"Harapannya, nanti bisa muncul bibit-bibit unggul, supaya SDM di Indonesia lebih baik. Jadi kita mulai dengan mengadakan even even pendidikan," harapnya.

Berdasarkan data Emerald Education Centre, adapun nama-nama siswa maupun siswi yang sukses menyumbangkan medali untuk Kabupaten Lumajang, diantaranya Axel Tristan Ardhani asal SDN Ditotrunan 01 Kabupaten Lumajang sukses meraih 1 medali emas, Al Fath Ghani Arbyanta asal SDN Ditotrunan 01 (1 medali emas), Areta Syahfila Yustiar asal SDN Al-Ikhlas Lumajang (1 medali emas), kemudian Agatha Khansa Fakhira SDN Al-Ikhlas (1 medali emas).

Sementara untuk medali perunggu diantaranya, Akira Ryuken Shinigami asal SDN Ditotrunan 01 (1 medali), Galih Permana Margi P asal SDN Ditotrunan 01 (1 medali), Annersa Vindra Kurniawan asal SDN Ditotrunan 01 (1 medali), Arya Zhafran Hadi asal SDN Ditotrunan 01 (1 medali), kemudian Fanny Damayanti SDN Ditotrunan 01 (1 medali perak). (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan